Infused Water Bisa Bikin Gigi Sensitif, Apa Sebab?

Infused water.
Sumber :
  • Pixabay/ congerdesigne

VIVA – Dalam beberapa waktu belakangan, tren konsumsi infused water meningkat di masyarakat. Banyak masyarakat yang percaya bahwa minuman ini mampu membawa manfaat kesehatan bagi tubuh. 

Ternyata, Air Lemon & Infused Water Tak Bisa Turunkan Berat Badan

Salah satunya ialah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Infused water juga penting bagi yang kerap mengalami dehidrasi. Minuman ini mampu memenuhi kebutuhan cairan penting untuk kesehatan pencernaan dan menjaga agar dapat buang air besar secara teratur. 

Namun, di balik manfaat kesehatannya, ternyata mengonsumsi infused water secara tidak tepat juga bisa berpengaruh pada gigi. Terutama menyebabkan gigi sensitif. Lantas apa yang menyebabkan hal itu?

dr. Zaidul Akbar: Hati-hati, Kayu Manis Turunkan Gula Darah

"Misal mau minum, pakai lemon satu slice saja jangan satu buah, karena itu sifatnya asam dan bisa menyebabkan erosi," ungkap Drg. Andy Wirahadikusuma, Sp. Pros, saat ditemui dalam acara Sensitive Experts Talks, di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Selasa, 9 April 2019. 

 Andy menjelaskan erosi itu akan mengikis bagian luar gigi. Hal itu yang menyebabkan timbulnya gejala gigi sensitif. Selain itu, cara konsumsi yang tidak tepat juga akan membuat gigi terkikis. 

Mengenal Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

"Terus juga infused water sebaiknya langsung dikonsumsi, sering juga orang minum pagi disimpan untuk siang atau sore minum lagi, itu sudah hilang malah bisa memicu gigi sensitif,"ungkap dia. 

Oleh sebab itu ia menganjurkan untuk langsung dihabiskan. Dengan demikian manfaat dari infused water itu lebih signifikan. (ldp)
 

Ilustrasi gambar kopi.

Jangan Abai, Kebiasaan Ngopi Picu Gigi Kusam

Kopi, teh, cola, anggur, dan beberapa makanan bertepung seperti pasta atau kentang, dapat menyebabkan kondisi yang menyebabkan pewarnaan gigi.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2021