Kentut Anda Bau Busuk, Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi kentut
Sumber :
  • Iconfinder

VIVA – Buang angin atau kentut di depan umum seringkali membuat orang malu. Bukan hanya karena bunyinya, kentut seringkali memiliki bau yang tidak sedap, bahkan kadang seperti telur busuk.

Ma’ruf: Awas dan Hati-hati dengan 'Kentut Setan' pada Pemilu

Banyak orang yang kemudian bertanya-tanya, sebetulnya apa yang membuat kentut menjadi sedemikian bau? Apakah karena makanan yang dikonsumsi atau justru tanda penyakit yang serius?

"Bau bukan berarti buruk, itu hanya fungsi dari apa yang Anda makan dan apa yang bakteri Anda lakukan di dalam saluran pencernaan Anda. Semua orang berbeda," kata ahli gastroenterologi di Connecticut Gastroenterology Consultants, Myron Brand seperti dilansir dari Thrillist.

Viral Mayat Tentara Israel Bau Busuk Meski Sudah Dimasukkan ke Lemari Es

Ia mengatakan bahwa bau busuk yang muncul, tandanya ada karbohidrat yang dikonsumsi terserap kurang baik, yang kemudian difermentasi tubuh. Ironisnya, semakin sehat makanan yang dimakan, semakin buruk baunya. Makanan kaya serat, seperti brokoli, kol, dan quinoa dapat meningkatkan bakteri usus, namun akan dikeluarkan melalui gas alami atau kentut.

"Makanan dengan komposisi sulfur tinggi, seperti daging merah, susu, atau protein nabati adalah penyebab timbulnya bau busuk. Ketika kita memberi makan bakteri di usus kita dengan makanan tinggi protein, mereka menghasilkan gas sulfur, yang membuat kentut Anda berbahaya," tutur Brand.

Wapres Ma'ruf Ibaratkan Hoaks seperti Kentut Setan, Bisa Bikin Kacau Negara

Ia menjelaskan, produk akhir fermentasi dalam saluran pencernaan berupa gas, yakni karbon dioksida, hidrogen atau metana. Namun ketika bakteri dalam usus memecah semua makanan menjadi hidrogen sulfida, maka seorang akan menghasilkan bau kentut seperti telur busuk yang mengerikan.

"Beberapa orang penghasil metana, dan beberapa orang penghasil hidrogen sulfida, yang menyebabkan gas berbau seperti telur busuk. Ini semua adalah hasil dari apa yang Anda makan," ujarnya.

Ilustrasi orang kentut.

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

Kentut atau membuang angin, sering dianggap sebagai hal yang memalukan dan tidak sopan, ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024