Studi: Pria Berjenggot Cenderung Punya Testis Kecil

Ilustrasi pria berjenggot.
Sumber :
  • Pixabay/Free-Photos

VIVA – Dalam beberapa tahun belakangan, memelihara rambut wajah atau brewok menjadi sebuah tren di kalangan pria. Jangan heran, tak hanya bikin kaum adam terlihat lebih maskulin dan macho, sejumlah studi juga telah mengungkapkan bahwa wanita lebih tertarik dengan pria berkumis dan berjenggot..

Brewok Bikin Cowok Lebih Maskulin, Begini Cara Alami Menumbuhkannya

Namun, ada satu hal lain yang harus diketahui. Menurut sebuah studi baru, brewok juga bisa jadi tanda bahwa seorang pria memiliki testis berukuran kecil. Demikian dilansir dari laman New York Post, Kamis, 11 April 2019.

Studi yang diterbitkan bulan ini dalam jurnal Proceedings of Royal Society B: Biological Sciences itu membandingkan jenggot pria dengan tanda-tanda kesuburan lainnya pada primata, termasuk hidung besar, rambut, jubah dan dada merah untuk masing-masing spesies.

Kebiasaan Sepele Bikin Pria Jadi Mandul, Salah Satunya Kantongi HP

Rambut dianggap sebagai ‘ornamen’ atau tampilan luar maskulinita  dan 'senjata' untuk bersaing secara seksual dengan pejantan lain mendapatkan pasangan untuk bereproduksi.

Studi ini menemukan bahwa manusia dan primata besar yang secara fisik punya kekurangan energi untuk memiliki rambut wajah yang lebat, cenderung punya testis yang berukuran besar. Sebaliknya, mereka yang mudah menumbuhkan jenggot umumnya memiliki testis kecil. Hal ini diduga berkaitan dengan evolusi.

Diet Makan Testis Banteng, Pria Ini Klaim Lebih Garang di Ranjang

Jadi, jika Anda seorang pria yang selama ini kesulitan untuk menumbuhkan rambut wajah, mungkin Anda secara evolusi diberkahi dengan yang lain. Dalam hal ini testis berukuran besar.

Rokok elektrik atau vape.

Studi: Vape Sebabkan Testis Kecil dan Jumlah Sperma Turun

Laki-laki yang menggunakan rokok elektrik atau sering disebut vape mengalami “kerugian” lebih besar dibandingkan dari kebiasaan merokok. Berikut hasil temuan para ahli.

img_title
VIVA.co.id
11 September 2023