Bukan Uang, Ini Rahasia Membuat Hidup Bahagia

Ilustrasi bahagia.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Apakah Anda merasa tidak bersemangat dan malas? Jika iya, mulailah berolahraga karena riset mengungkapkan bahwa berkaitan dengan kesehatan mental, olahraga bisa lebih penting dari angka di rekening bank Anda.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di The Lancet, sejumlah peneliti dari Yale dan Oxford menanyakan kepada lebih dari 1,2 juta warga Amerika pertanyaan ini, "Seberapa sering Anda merasa tidak baik secara mental selama 30 hari terakhir, misalnya karena stres, depresi, atau masalah emosional?".

Para responden kemudian diberikan daftar sekitar 75 tipe aktivitas fisik, dari memotong rumput hingga mengangkat beban.

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

Dikutip dari laman Mashable, hasilnya menemukan bahwa mereka yang berolahraga rutin dilaporkan mengalami perasaan buruk sebanyak sekitar 35 hari dalam setahun. Sebaliknya, responden yang nonaktif dilaporkan mengalami lebih dari 18 hari perasaan buruk selama satu tahun.

Ilustrasi olahraga lari.

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?

Selain itu, para ilmuwan juga menemukan bahwa orang yang aktif secara fisik merasa sebaik mereka yang tidak melakukan aktivitas olahraga, meskipun mereka memiliki penghasilan sekitar US$25 ribu atau sekitar lebih dari Rp325,7 juta setahun.

Tapi, sama seperti semua hal di dalam hidup, keseimbangan itu penting. Studi ini menekankan, terlalu banyak olahraga bisa memiliki efek buruk pada kesehatan pikiran. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga Anda, para peneliti menyarankan, jadwalkan 3-5 sesi per minggu, masing-masing selama 60 menit.

Jika olahraga itu melibatkan interaksi sosial seperti bola basket, sepak bola atau badminton, akan lebih banyak dampak positif pada kesehatan mental yang didapat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya