Jalani Ibadah Haji, 5 Tips Ini Wajib Diikuti Agar Tetap Sehat

Ibadah Haji di Mekah 2018
Sumber :
  • VIVA/Beno Junianto

VIVA – Bagi umat Muslim yang mampu, ibadah haji merupakan sebuah kewajiban. Selain mempersiapkan segala kelengkapannya, peserta haji juga perlu mempersiapkan fisik yang kuat. Hal ini disebabkan banyaknya rukun dan wajib haji yang harus dilakukan.

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Selain itu, kondisi cuaca yang sangat ekstrem juga membuat daya tahan tubuh seorang menurun. Oleh sebab itu, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc, memberikan tips hal yang harus diperhatikan agar tetap sehat selama ibadah haji.

Pertama, ia menyarankan untuk selalu membiasakan sarapan terlebih dulu sebelum berangkat ke masjid atau melakukan kegiatan ibadah lainnya.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Kedua, mengenakan sandal jika bepergian ke masjid dan dibawa ke dalam masjid. Selanjutnya, minum air sesering mungkin, jangan menunggu haus. Berikutnya menggunakan masker setiap kali ke luar ruangan.

“Terakhir, jika sakit pada saat melontar jumroh bisa dibadalkan. Jangan memaksakan diri,” kata Eka.

Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

Sementara itu ketika disinggung mengenai kesiapan SDM kesehatan dalam melayani jemaah, Kapuskes Haji meyakinkan bahwa meskipun dari segi jumlah atau rasio petugas dan jemaah haji terlihat kurang, namun,  dengan strategi yang tepat ia yakin bahwa pihaknya tetap dapat memberikan layanan optimal bagi seluruh jemaah haji Indonesia.

“Jika dilihat dari jumlah memang terlihat kurang, namun untuk menambah jumlah petugas bukan wewenang Kementerian Kesehatan. Kami tim kesehatan menggunakan strategi jejaring dengan perangkat kloter lainnya dan memaksimalkan semua sumber daya yang ada," ungkap dia.(nsa)

Umat Muslim melakukan Tawaf keliling Kakbah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah Umroh di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Menurut Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, 29 Dzul Qadah 1445 (6 Juni) adalah hari terakhir bagi jamaah umrah untuk meninggalkan Arab Saudi

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024