Masak dengan Minyak Zaitun Bikin Kanker? Ini Faktanya

Minyak zaitun.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA – Bukan hal yang baru bahwa minyak zaitun diyakini mampu membuat wajah terlihat lembap secara alami dan menjaga kesehatan tubuh. Namun ada beberapa yang mengatakan jika terus memanaskan minyak zaitun maka akan terkena penyakit kanker, fakta atau mitos?  

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Spesialis Gizi Klinis, dr Juwalita Surapsari, M.gizi, SpGK menyebut, hal itu adalah mitos belaka. Ia mengatakan bahwa jenis minyak zaitun ada berbagai macam, salah satunya memang sebaiknya tidak dipanaskan.

"Minyak zaitun itu ada beberapa macam, ada yang ekstra virgin yang kualitasnya paling tinggi, baiknya memang dia tidak dipanaskan dalam suhu terlalu lama, tapi bukan menyebabkan kanker, kecuali dia dipanaskan berulang-ulang kali," ujarnya dalam program Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Senin 15 April 2019.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Lebih lanjut ia juga menyebut, minyak yang digunakan untuk menggoreng berulang-ulang memang bisa menyebabkan kanker, namun jika hanya digunakan sekali tidak akan berdampak buruk. Untuk minyak zaitun, ia menyarankan tak perlu dipanaskan jika ingin dikonsumsi.

"Tapi lebih bagus dikonsumsi langsung, misalnya untuk salad. Nah minyak zaitun ini justru memiliki efek anti kanker," katanya. 

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Lantas,  berapa kali sebaiknya mengkonsumsi minyak zaitun? 

"Ada anjuran juga dari Badan Pangan dan Obat di Amerika, kalau konsumsi minyak zaitun dalam satu hari, kita konsumsi 2 sendok makan, jangan banyak-banyak," katanya. (ldp)

Aldi Taher

Blak-blakan, Aldi Taher Ungkap Rahasia Sembuh dari Kanker

Kisahnya menginspirasi banyak orang, Aldi Taher pun menuturkan bahwa doa dan kasih sayang keluarga adalah kekuatan yang tak terhingga dalam menghadapi cobaan hidup.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024