Studi: Sering Sarapan Roti Bisa Picu Kanker Payudara

Ilustrasi roti tawar.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sebelum melakukan aktivitas di pagi hari. Setiap orang baik anak-anak maupun orang dewasa diwajibkan untuk sarapan. Sarapan penting untuk membantu mereka dapat berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Salah satu jenis sarapan yang sering diplih adalah roti. Mengingat cara pembuatannya yang dianggap cukup simpel terutama bagi mereka yang sibuk. Namun ternyata mengonsumsi roti saat sarapan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 

Pakar nutrisi dan penulis buku, Hideo Makuuchi mengatakan, bahwa hanya makan roti saat sarapan dapat meningkatkan risiko kanker payudara, menurut laporan oleh China Times. Hal ini lantaran dia menemukan bahwa 80 persen dari pasien kanker payudara yang dirawatnya memiliki kebiasaan makan hanya roti untuk sarapan. 

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

DIlansir laman World of Buzz, lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa jenis-jenis roti yang biasanya dimakan orang akhir-akhir ini banyak mengandung minyak dan gula, yang sangat membebani tubuh. Hideo bertanggung jawab untuk membantu pasien kanker dengan rencana diet, dia menemukan bahwa setelah berbicara dengan banyak pasiennya selama bertahun-tahun, sekitar 80 persen dari mereka biasanya makan roti untuk sarapan hampir setiap hari.

Dia mengatakan, bahwa kombinasi pati, minyak dan gula dalam roti sangat adiktif dan juga sangat tinggi lemak. Kecanduan ini dapat menyebabkan 'stres makan' karena tubuh Anda terbiasa dengan makanan berlemak tinggi dan otak Anda terus-menerus mengirimkan sinyal untuk lebih banyak jenis makanan tidak sehat ini.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

Menurut Hideo, kelebihan berat badan dan obesitas juga dapat meningkatkan faktor risiko kanker payudara yang juga didukung oleh Cancer.org. Berarti makan terlalu banyak roti dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat. Karena sarapan masih tetap menjadi makanan terpenting, Hideo menyarankan agar orang-orang mencoba mengubah diet mereka.

Dia mengatakan, untuk sarapan ada baiknya memilih makanan seperti buah-buahan, telur, dan nasi sehingga membuat makanan yang lebih seimbang.  Namun, jika Anda bersikeras mendapatkan roti, maka pilihlah roti gandum, yang bebas minyak dan bebas gula untuk makanan yang lebih sehat serta mengurangi frekuensi mengonsumsi roti. (mus)

Sakit perut

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Penyakit radang usus adalah istilah yang mengacu pada penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, dua kondisi peradangan yang menyerang 1,6 juta orang Amerika.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024