Studi: Jenggot Pria Lebih Berkuman Dibanding Bulu Anjing

Ilustrasi pria berjenggot.
Sumber :
  • Pixabay/Free-Photos

VIVA – Bagi sebagian orang memiliki jenggot mungkin menjadi daya tarik tersendiri. Tapi tahukah Anda, bahwa jenggot pria ternyata membawa lebih banyak kuman daripada bulu anjing.

Pembunuhan Tuan Tanah Pakai Kuman di India Gegerkan Dunia

Untuk membuktikannya para ilmuwan dari Hirslanden Clinic di Swiss mengambil sampel dari jenggot 18 pria dan 30 hewan anjing dari berbagai ras, lalu membandingkan hasilnya.

"Para peneliti menemukan jumlah bakteri yang secara signifikan lebih tinggi dalam spesimen yang diambil dari janggut pria dibandingkan dengan bulu anjing," kata Profesor Andreas Gutzeit dilansir laman Health2.

Hati-hati dengan Produk yang Klaim 99,9% Bunuh Kuman, Ini Faktanya

Studi ini awalnya dilakukan untuk menemukan apakah manusia berisiko terkena penyakit yang ditularkan anjing dari pemindai MRI yang digunakan oleh dokter hewan atau tidak.

Sebaliknya ditemukan bahwa ada muatan bakteri yang jauh lebih tinggi dalam spesimen yang diambil dari jenggot pria dibandingkan dengan bulu anjing. Tujuh dari pria itu ditemukan memiliki mikroba yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Ini yang Terjadi Jika Tidak Mencuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet

"Atas dasar temuan ini, anjing dapat dianggap bersih dibandingkan dengan pria berjanggut," kata Gutzeit.

Namun sayangnya penelitian tersebut tidak berpengaruh pada lawan jenis. Dalam penelitian lain, bagi wanita pria berjanggut justru lebih terlihat seksi. Hasil survei itu membuktikan bahwa pria dengan jenggot yang penuh dinilai lebih seksi (dengan skala tertinggi) dibanding pria dengan dagu yang bersih dari jenggot.(ldp)

Anggota Polres Lombok Tengah yang berjanggut dihukum push-up

Pelihara Jenggot, Anggota Polres Lombok Tengah Kena Sanksi

Jelang MotoGP, anggota polisi di NTB mesti tertib disiplin dan patuh. Jangan ada anggota yang melanggar.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022