Potasium dalam Buah Kiwi Mampu Turunkan Hipertensi

Buah kiwi.
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan pemicu dari berbagai penyakit mematikan seperti stroke maupun jantung. Siapa sangka, hipertensi dapat diminimalisir dengan mengonsumsi salah satu jenis buah yang sangat mudah ditemui di mana saja.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Dilansir dari laman Daily Star, Senin 22 April 2019, NHS British menyatakan bahwa cara mencegah risiko hipertensi adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur. Selain itu, menurunkan tekanan darah yang tinggi ternyata bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi buah kiwi.

Ya, buah kiwi sangat kaya akan kandungan potasium. Komponen tersebut membantu tubuh menyeimbangkan kadar garam, yang membantu fungsi kerja organ ginjal.

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

American Heart Association sebelumnya menjelaskan, makanan yang kaya akan potasium sangat penting dalam mengatur tekanan darah di dalam tubuh. Sebab, potasium berdampak pada keseimbangan sodium di tubuh.

"Makin banyak konsumsi potasium, makin sedikit sodium yang dikeluarkan melalui air seni. Potasium juga dapat membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah, di mana membantu menurunkan tekanan darah tinggi," ungkap American Heart Association.

Kemenkes Khawatir Pembiayaan Penyakit Ginjal Meningkat Karena Hal Ini

Studi lain yang dipublikasikan dalam NCBI turut menemukan hal yang sama. Setelah percobaan selama delapan bulan, mengonsumsi kiwi terbukti ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

"Pada pria maupun wanita dengan tekanan darah tinggi, konsumsi tiga buah kiwi ampuh menurunkan sistolik dan diastolik (tekanan darah) dibandingkan dengan konsumsi satu buah apel," tulis peneliti. (rna)
 

Ilustrasi kue kering

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Lebaran sangat identik dengan hidangan bersantan seperti kare dan opor, berminyak seperti goreng-gorengan, dan makanan manis seperti kue kering dan cokelat. Apa dampaknya

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024