Menunggu Hasil Pemilu Picu Stres dan Kanker, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi Petugas KPPS melakukan penghitungan suara pada Pemilu serentak 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA – Masyarakat Indonesia sudah selesai menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 lalu. Tak sedikit masyarakat yang berkomentar bahwa lamanya menunggu hasil Pemilu, khususnya hasil pemenang presiden, memicu stres.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Faktanya, menunggu hasil pemilihan umum presiden membuat stres rentan terjadi di berbagai kalangan. Stres bukan hanya masalah psikologis, karena dampaknya juga cukup besar terhadap kesehatan fisik.

"Menunggu hasil pilkada harusnya sambil bersyukur saja, dinikmati. Kalau orang stres, dia tidak happy, maka beban mental bisa lebih berat," ujar spesialis kesehatan jiwa, dr Guntara Hari, SpKJ, dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin 22 April 2019.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Stres sendiri disebut-sebut sebagai pintu gerbang datangnya berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan hingga penyakit kronis lainnya. Salah satunya, stres bisa sebabkan migren atau sakit kepala.

"Migren adalah salah satu gejala yang disebabkan berbagai hal termasuk stres. Sakit kepala muncul karena perubahan pelebaran pembuluh darah di otak yang mendadak dan bisa dipicu oleh stres," paparnya.

Sebelum Pengumuman Kanker, Kate Middleton Sempat Bertemu dengan Raja Charles

Hal ini sendiri dipicu oleh stres yang berlangsung berlarut-larut atau stres yang besar dan mendadak, seperti momen menunggu hasil pemenang presiden ini. Bahkan, stres pun bisa memicu sel normal di tubuh berkembang menjadi kanker.

"Salah satunya penyebab kanker adalah penurunan imunitas tubuh atau perubahan berbagai macam hormon. Maka dari itu, penting untuk mampu memanajemen stres menjadi hal yang positif saja," jelasnya.

William, Kate Middleton dan ketiga anaknya

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Pangeran William dan Kate Middleton dikabarkan memutuskan untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuk dan pergi berlibur. Pangeran dan Putri Wales serta ketiga anaknya.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024