Teknik Akupresur untuk Atasi Migrain yang Bisa Dilakukan Sendiri

Teknik akupresur untuk atasi migrain.
Sumber :
  • VIVA/Adinda Permatasari

VIVA – Sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia untuk melakukan pengobatan sendiri sebelum datang ke dokter, ketika mengalami keluhan sakit ringan. Misalnya, ketika diare pasti kita akan mencoba mengatasinya dengan minum ramuan herbal yang mudah didapat.

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Cara ini memang tidak salah, tapi Anda juga harus berhati-hati dalam memilih ramuan agar tidak menambah buruk penyakit. Selain ramuan, ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi keluhan penyakit secara mandiri. Yaitu, dengan menekan titik-titik tertentu di tubuh atau disebut dengan akupresur.

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesehatan Tradisional, Dinas Kesehatan Bali berbagi cara melakukan metode kesehatan tradisional akupresur yang bisa dilakukan sendiri. Trainer Pelayanan Kesehatan Tradisional UPTD Kesehatan Tradisional, I Wayan Sukeria memberikan tiga teknik akupresur untuk mengatasi tiga macam penyakit, yaitu migrain, sesak napas dan nyeri haid.

Ramai Seblak Jadi Penyebab Endometriosis, Begini Kata Dokter

"Untuk migrain dengan menekan dua bagian pelipis dengan 2, 3, atau 4 jari sebanyak 30 kali atau dengan memutarnya," ucap Sukeria saat ditemui baru-baru ini di Kintamani, Bali.

Titik kedua ada di bagian belakang kepala, tepatnya sejajar dengan telinga atau sedikit di atas batas rambut bagian belakang. Tekan bagian tersebut menggunakan ibu jari, lalu lakukan sedikit putaran sambil menekan.

Biasa Minum Obat Pereda Nyeri saat Menstruasi? Dokter Ungkap Dampak Buruknya

Berikutnya, titik yang ada di punggung tangan pada tonjolan tertinggi ketika ibu jari dan telunjuk dirapatkan. Kemudian, titik lainnya terletak di punggung kaki pada cekungan antara pertemuan tulang telapak kaki ibu jari dan jari kedua kaki.

Sementara untuk mengatasi sesak napas dilakukan dengan memukul secara ringan dua titik leher bagian bawah dan punggung bagian tengah. Dan untuk mengatasi nyeri haid, bisa dilakukan dengan menekan titik di atas mata kaki.

Tidak hanya itu, Sukeria juga berbagi terapi tawa untuk menghasilkan getaran pada kepala. Terapi itu dapat dilakukan mulai dari tertawa dengan mulut tertutup hingga terbuka. (nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya