Puasa Ternyata Bisa Bikin Awet Muda

Ilustrasi puasa.
Sumber :
  • inmagine

VIVA – Selama ini kewajiban menjalankan ibadah puasa seperti puasa ramadan, puasa Senin Kamis atau jenis puasa lain dalam agama diikuti dengan keyakinan bahwa hal-hal yang diajarkan agama pasti memberikan kebaikan. Dan ternyata, secara medis puasa juga memiliki manfaat baik bagi tubuh. 

Lima Manfaat Puasa yang Belum Diketahui Banyak Orang

Bagi mereka yang memiliki tubuh sehat, puasa memiliki manfaat bagi tubuh seperti disampaikan Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), Prof. Dr.dr. Ketut Suastika,SPPD-KEMD, dalam jumpa pers Waspada Hipoglikemia Saat Puasa beberapa waktu lalu. 

"Dari aspek medis (puasa) baik. Sekali-sekali puasa baik sekali untuk tubuh karena kalau makan terus banyak, orang cepat tua dan mati," ujarnya.  Hal ini dikarenakan dengan banyak makan maka semakin banyak juga insulin yang keluar. 

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Mental Selama Ramadan

Dan hal ini bagi orang yang normal, lebih lanjut dijelaskan oleh Profesor Ketut,  insulin tidak hanya memicu gula darah namun juga hormon lain yang memicu sel cepat tua atau kanker.  "Jadi sesekali puasa itu bagus agar tidak memicu itu."

Kemudian Prof Ketut menambahkan, "Ada tradisi puasa Senin – Kamis, itu bagus dilakukan dari aspek kesehatan, secara teoritis awet muda, secara psikologis ada, juga spiritual."

Lima Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan Badan

Bahkan menurutnya, mereka yang ingin menjalankan puasa sehari penuh juga masih mungkin dilakukan tidak perlu takut akan membahayakan kesehatan, karena adanya lemak di dalam tubuh yang bisa menghasilkan gula dan dimanfaatkan oleh tubuh. 

Menu untuk buka puasa bersama umat muslim pada tradisi Megibung di Masjid Al Muhajirin Kepaon, Denpasar, Bali.

4 Fakta Puasa Bisa Tekan Risiko Penyakit Kronis

Salah satunya alzheimer dan stroke.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2018