Awas, Bahaya Kuman Tersembunyi di Dispenser

rak dan keran keran air untuk minuman galon.
Sumber :
  • socio.viva.co.id

VIVA – Penggunaan dispenser ternyata bisa menyebabkan masalah kesehatan. Hal ini lantaran tempat penyimpanan air itu dapat menjadi sarang kuman.

Gunakan Alat Tidak Standar, SPBU di Karawang Kena Sanksi

Menurut pakar kesehatan dr. Dewi Friska, MKK, ada beberapa hal yang membuat dispenser bisa menjadi sarang kuman. Pertama, jika dispenser tidak rutin dibersihkan. Kedua, pemakaian air galon yang tidak memenuhi standar juga rentan memicu kuman berkumpul.

"Saat air galon habis dan diganti yang baru, ada baiknya untuk mengeluarkan air galon sisa yang tertinggal di dispenser. Airnya dikuras untuk menghilangkan kuman yang berisiko berkembang biak di dalamnya," ujar Dewi dalam acara Ayo Hidup Sehat di TvOne, Rabu 1 Mei 2019.

Dianggap Menambah Masalah Sampah Plastik, Tanggung Jawab Galon Sekali Pakai Dipertanyakan

Proses menguras air dispenser juga bisa dilakukan dengan pemakaian air panas yang sudah direbus bersama buah lemon. Hal ini berguna agar saluran untuk minum di dispenser dapat dibersihkan secara mendetail.

"Dispenser aman digunakan asal rutin dibersihkan. Salurannya bersihkan tiap 6 minggu. Selain itu, jika ganti galon, air di dalam penampungannya juga dikuras," terangnya.

Apakah Galon AMDK Sekali Pakai Sumbang Banyak Sampah Plastik? Riset Ungkap Faktanya

Adapun lamanya pemakaiannya air galon dapat berpengaruh pada kebersihan dispenser. Dokter Dewi memaparkan bahwa idealnya air galon diganti dalam kurun waktu 3 hari saja.

"Dari sebuah penelitian, pemakaian air galon yang lebih dari 3 hari, membuat kumannya semakin banyak. Jadi idealnya air galon yang sudah dipasang, dihabiskan dalam waktu 3 hari," kata dia.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan bersama Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra mengecek langsung SPBU 34.41345 Jalan Tol Jakarta – Cikampek Rest Area KM 42

Dispenser SPBU Nakal di Karawang Disegel karena Tipu-tipu Takaran

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan bersama Pertamina menyegel dispenser SPBU 34.41345 di Jalan Tol Jakarta- Cikampek Rest Area KM 42 Wanasari, Telukjambe Barat, Karawang

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024