Konsumsi Air Kelapa Tua atau Hijau, Mana yang Lebih Sehat?

Air kelapa.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mendekati bulan Ramadan konsumsi air kelapa untuk berbuka puasa sangat dianjurkan karena air kelapa secara alami cepat menghidrasi tubuh setelah puasa seharian.

Resep Herbal Ala dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi Akibat Kebanyakan Makan Daging

Selain mampu menghidrasi tubuh, air kelapa juga kaya nutrisi baik sehingga mampu mengembalikan nutrisi-nutrisi yang hilang dan membuat tubuh tetap fit selama bulan puasa.

Ada dua jenis kelapa yang dapat dikonsumsi airnya, yaitu kelapa muda dan kelapa tua. Sebenarnya adakah perbedaan yang berarti antara air kelapa muda dan air kelapa tua? Apalagi dikonsumsi setelah berpuasa?
 
Spesialis Gizi Klinis dr Raisa, SpGK akan membahasnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne Kamis 2 Mei 2019.

Air Kelapa Bagus Buat Buka Puasa, Tapi Tidak untuk Dua Orang Ini

Selain manfaat konsumsi air kelapa, AHS juga akan membahas soal berpuasa. Selama berabad-abad, puasa merupakan salah satu ritual yang dijalani oleh sebagian masyarakat untuk memenuhi tuntutan agama atau tradisi. 

Bagi umat Islam, puasa merupakan ibadah yang wajib dijalani tiap hari selama bulan Ramadan. Bukan sekadar menahan haus dan lapar, ternyata puasa banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, apa sajakah? Agar puasa  dapat berjalan lancar, adakah fakta kesehatan yang harus diperhatikan?

Minum Air Kelapa Bisa Bikin Cepat Langsing, Ini Waktu Terbaik Konsumsinya

Pembahasan tentang manfaat sehat berpuasa akan dikupas oleh Spesialis penyakit dalam Prof. DR. dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB. Jika tak sempat saksikan di layar kaca, AHS juga akan tayang livestreaming di laman ini. (ldp)

Ilustrasi air kelapa

9 Manfaat Air Kelapa: Kelebihan di Setiap Tetesannya

Namun, manfaat air kelapa tidak hanya sebatas penghidrasi; ia juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat memberikan dampak positif pada kesehatan dan kesejahtera

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2023