Konsumsi Gorengan Berlebih, Waspada Serangan Jantung

Ilustrasi gorengan
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Buka puasa dengan gorengan memang menjadi menu wajib bagi sebagian besar masyarakat di Tanah Air. Tetapi, asupan gorengan yang terlalu banyak, bisa memicu masalah serius. Salah satunya, serangan jantung.

Deva Mahenra Sebut Mikha Tambayong Antusias Mencari Takjil

Mengonsumsi gorengan setiap hari selama berbuka puasa bisa menimbulkan kolesterol jahat di aliran darah. Semakin meningkatnya kolesterol jahat tersebut, risiko serangan jantung mudah menyerang.

"Kalau makan gorengan setiap hari, LDL kolesterol naik, radikal bebas juga mudah masuk ke tubuh, ini berisiko serangan jantung," ujar Spesialis Gizi Klinis, DR dr Samuel Oetoro, MS,SpGK(K) dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu 8 Mei 2019.

Tanpa Disadari, Konsumsi Makanan Ini saat Buka Puasa Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol

Tak hanya itu, meningkatnya radikal bebas di tubuh juga berdampak pada risiko kanker. Bahkan, bahaya obesitas juga rentan hadir akibat tingginya kalori yang masuk ke tubuh.

"Makan gorengan setiap hari, membuat kalori tinggi masuk ke tubuh karena kadar minyaknya yang sangat banyak. Dalam 1 gram minyak terdapat 9 kalori yang memicu bahaya obesitas," kata dia.

Identik dengan Buka Puasa, Ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Gorengan

Maka dari itu, dokter Samuel menyarankan agar mengkonsumsi gorengan dilakukan maksimal selama dua kali dalam satu minggu. Selain itu, hindari langsung mengonsumsi gorengan setelah berbuka puasa.

"Saat buka, usahakan minum air putih dulu dengan dua kurma. Lalu boleh makan gorengan tapi pilih gorengan yang tidak digoreng sampai bahan makanannya tercelup. Bisa juga diperas-peras sedikit sebelum dimakan agar minyaknya keluar," paparnya. (zho)

Ilustrasi makanan dan minuman manis

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Banyak makanan yang tinggi karbohidrat, minuman manis plus tambahan gula, yang dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak ketika acara halal bi halal tengah berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024