Puasa Malah Jadi Gendut? 3 Hal Ini Penyebabnya

Timbangan berat badan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Selama 30 hari di bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan berpuasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Selain untuk beribadah, puasa ternyata membawa banyak manfaat kesehatan, di antaranya detoks dan menurunkan berat badan.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Di Indonesia, rata-rata waktu berpuasa selama 13-14 jam. Nah, selama belasan jam itu kita pun menahan lapar dan haus. Teorinya sih, dengan durasi selama itu, mereka yang berpuasa bakal turun berat badannya. Tapi apa yang terjadi? Justru di penghujung Ramadan, bobot tubuh malah bertambah.

Ada tiga hal yang menjadikan target diet sambil berpuasa gagal, seperti berikut ini.

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

1. Terlalu banyak konsumsi gula

Disarankan berbuka dengan yang manis untuk mengembalikan energi tubuh. Tapi jangan sampai kebablasan mengonsumsi makanan dan minuman manis. Kalap saat berbuka hingga semua rasanya ingin diminum, mulai dari es teh manis, kolak, sop buah sampai minuman bersoda. Efeknya, kalori yang masuk pun akan bertambah. Nah, kalori berlebih ini bisa berbuntut pada penumpukan lemak.

Arab Saudi dan UAE Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Masih ada dua hal lagi yang harus dihindari jika enggak mau badan melar setelah berpuasa, baca di sini.

Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024