Benarkah Sering Meremas Payudara Bisa Perbesar Ukurannya?

Ilustrasi payudara.
Sumber :
  • pexels

VIVA – Di kalangan remaja, ada sebuah anggapan yang mengatakan bahwa menyentuh dan meremas payudara membuatnya jadi lebih besar. Hal ini membuat mereka penasaran dan tak jarang mencoba melakukannya sendiri.

Asia Pacific Breast Cancer Summit 2024, Bahas Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara

Tapi, benarkah anggapan tersebut? Menurut dokter spesialis anak dr Larrisa Hirsch, hal itu tidak itu tidak benar.  

Menyentuh atau memijat payudara tidak membuatnya tumbuh. Menurut dia, saat ini ada banyak informasi yang salah tentang perkembangan payudara di luar sana.

Rahasia Kebahagiaan dan Jantung Sehat: Berikan Kenikmatan Ini Buat Suami!

"Beberapa hal yang mungkin kamu dengar adalah kontra langsung, seperti krim khusus atau pil yang membuat payudara lebih besar," kata dia, seperti dilansir dari Kids Health.

Sementara itu, ada juga mitos lain yang mengatakan bahwa tidur dengan bra atau mengenakan bra yang terlalu kecil dapat membuat payudara tidak tumbuh. Tetapi itu juga salah.

Benarkah Obat Herbal Bisa Sembuhkan Kanker? Begini Penjelasan Dokter

"Pada kenyataannya, gen dan hormon menentukan pertumbuhan payudara. Beberapa gadis berkembang lebih awal, yang lain agak telat, dan payudara seorang gadis dapat terus tumbuh dan berubah saat di akhir masa remaja," kata dia.

Setiap gadis menginginkan bentuk tubuh yang bagus. Dan hal yang bisa kamu lakukan, seperti makan bergizi serta cukup olahraga dan tidur. Cara itu dapat membantu tubuh kamu tumbuh dengan cara yang sehat.

Larissa mengatakan, jangan merasa malu untuk berbicara dengan ahli medis jika memiliki pertanyaan tentang tubuh Anda dan perkembangannya. Dokter kamu terbiasa menjawab pertanyaan seperti ini, dan ia akan dapat memberimu nasihat tentang pertumbuhan dan perkembangan individu kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya