Penderita Diabetes Boleh Buka Puasa dengan Kurma, Asalkan...

Kurma
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

VIVA – Saat berbuka puasa, banyak ahli kesehatan menyarankan untuk berbuka dengan hidangan manis. Sebabnya, makanan manis dapat mengembalikan kadar gula dalam tubuh yang berguna untuk pembakaran energi.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Kurma pun menjadi takjil favorit banyak orang. Umat Muslim kerap mengikuti ajaran Nabi Muhammad untuk berbuka puasa dengan tiga buah kurma serta satu gelas  air.

Buah kurma dikenal dengan kandungan gulanya yang tinggi, sehingga sangat tepat jika dikonsumsi untuk berbuka puasa. Tapi, bagaimana dengan para penderita diabetes? Amankah bagi mereka untuk berbuka puasa dengan kurma?

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

"Aman tapi satu saja. Karena pada saat puasa, penderita diabetes low banget (kadar gula dalam darah), hipoglikemia," ujar Spesialis Gizi Klinis dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp.GK, saat ditemui VIVA, baru-baru ini.

Namun dengan catatan, hal itu disarankan jika kondisi gula darah penderita diabetes sudah lebih terkontrol. Dalam artian bahwa penderita diabetes tersebut sudah tidak pernah lagi mengalami hyperglikemia dan hipoglikemia.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

"Jadi cukup kurma satu, lalu air putih baru nanti yang lain. Justru memang yang paling gampang memang kurma, tapi cukup satu jangan banyak-banyak," kata dia.

Sebagai informasi, pasien diabetes sebetulnya memang diperbolehkan untuk berpuasa. Namun, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter paling tidak satu bulan sebelum puasa.

Selain itu, pasien diabetes tipe 2 diminta untuk tidak terlalu mengubah drastis pola makan. Mereka disarankan untuk mendapatkan asupan karbohidrat kompleks saat sahur dan karbohidrat sederhana saat berbuka.

Selain itu, mereka juga wajib menghindari makanan siap saji, gorengan, serta makanan dan minuman bergula serta selalu patuh pada batas kalori yang boleh dikonsumsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya