Awas, Asupan Kafein Tinggi dari Kopi Picu Hipertensi

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA – Mengonsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup hampir tiap orang di zaman modern ini. Namun, asupan kafein berlebih bisa berbahaya untuk tekanan darah.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Banyak hal yang bisa memicu peningkatan tekanan darah seperti kurangnya aktivitas fisik, konsumsi garam berlebih, hingga asupan kafein yang berlebihan. Sebab, kadar kafein yang terlampau tinggi yang dikonsumsi berlebihan dalam satu hari, bisa memicu hipertensi.

"Gaya hidup bisa menjadi salah satu cara mencegah hipertensi, salah satunya asupan kafein. Kadar kafein yang tinggi dan berlebih hingga melebihi 2 gelas atau cangkir, bisa memicu hipertensi," ujar spesialis penyakit dalam dr Tunggul Situmorang, SpPD-KGH, FINASIM, di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, Jumat, 17 Mei 2019.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Biasanya kadar tekanan darah yang tinggi sudah nampak pada mereka yang rutin mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebih. Hal ini terlihat ketika usai mengonsumsi kopi dalam jumlah besar dan tekanan darah akan meningkat saat diukur.

Sehingga, asupan kafein sebaiknya dibatasi dengan tidak berlebihan untuk mengurangi risiko hipertensi. Tunggul menyarankan untuk mengonsumsi kafein maksimal 1 hingga 2 gelas atau secangkir per hari.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

"Kafein sebenarnya bisa memberi manfaat baik asal konsumsinya tidak berlebihan. Cukup 1 atau 2 gelas per hari," ucapnya. (ldp)

Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024