Penderita Cacar Monyet di Singapura Diperbolehkan Pulang

Ilustrasi manusia terinfeksi Cacar Monyet.
Sumber :
  • Dok CDC Public Health

VIVA – Monkeypox atau cacar monyet masih menjadi perbincangan hangat di dunia. Pasalnya penyakit menular ini sempat menyerang beberapa warga di Singapura akibat sempat kontak dengan satu penderita asal Nigeria.

KALEIDOSKOP 2023: Perjalanan Kasus Cacar Monyet di Indonesia

Namun kini mereka sudah tak lagi dikarantina dan diperbolehkan menjalani aktivitas seperti semula.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong kepada Menkes RI Nila Moeloek, saat melakukan pertemuan bilateral di Sidang WHA ke-72, di Jenewa. Pada kesempatan tersebut, dibahas tentang pengendalian penyakit monkeypox yang sempat menjadi bahan pembicaraan dan kecemasan di berbagai dunia. khususnya juga Indonesia.

411 People Have Vaccinated with Second Monkeypox Vaccine

"Kasus ini memang sudah ditangani secara maksimal. Satu penderita asal Nigeria dan 23 orang yang kontak dengan penderita sudah keluar dari sistem kekarantinaan dan sudah diperbolehkan untuk pulang melakukan aktivitas sehari-hari bersama dengan masyarakat Singapura yang lain," ujar Menkes Singapura Gan Kim Yong, dikutip dari siaran pers Kemenkes RI, Kamis, 23 Mei 2019.

Ia menambahkan, pemulangan mereka dari karantina dikarenakan sudah tidak ditemukan gejala dan tanda cacar monyet lagi. Hasil laboratoriumnya juga sudah membaik.
 
"Jadi di Indonesia tidak perlu heboh lagi (soal monkey pox)," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Anung Sugihantono yang turut hadir dalam pertemuan mendampingi Menkes Nila.

411 Orang Telah Disuntik Vaksin Kedua Cacar Monyet di Jakarta
Ilustrasi cacar monyet/monkeypox.

11 Warga Jakarta Barat Terpapar Cacar Monyet

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Erizon menjelaskan jumlah orang terinfeksi cacar monyet di Jakarta Barat, berdasarkan data hingga Selasa 5 Desember 2023.

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2023