Korban Bentrokan Aksi 22 Mei Sudah Tertangani dengan Baik

Pria tertembak peluru karet di Jatibaru Tanah Abang.
Sumber :
  • VIVA / Bimo Aria

VIVA – Korban bentrokan aksi menolak hasil Pemilu 2019 pada 21 - 22 Mei 2019 lalu sudah tertangani dengan baik di sejumlah rumah sakit. Menurut Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek ini karena sistem penanganan keadaan darurat baik kebencanaan atau pelayanan massal sudah berjalan dengan baik.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

“Kalaupun ada edaran ataupun ajakan untuk lebih siap lagi, hanya untuk mengingatkan dan memastikan semuanya siap. Tidak ada tendensi politik apapun, politik kesehatan adalah pelayanan kepada masyarakat secara maksimal untuk derajat kesehatan yang lebih baik,” katanya dalam siaran pers yang diterima VIVA Jumat 24 Mei 2019.

Hal yang sama juga diungkapkan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, SpOG (K), MARS saat  melakukan kunjungan ke RS Pelni. Bambang mengatakan seluruh pasien telah ditangani dengan baik.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

“Alhamdulillah Seluruh pasien baik rawat jalan dan rawat inap termasuk pasien yang dilakukan operasi tertangani dengan baik,” katanya.

Ada 4 pasien yang masih dirawat di ICU dan HCU RS Pelni, 3 pasien pasca laparotomi karena luka serius di perut yang memerlukan tindakan operasi, dan satu karena penyakit jantung. 

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

Seperti diketahui hingga saat ini tercatat 737 demonstran yang dirawat di sejumlah rumah sakit dan telah ditangani sesuai prosedur medis. Sebagian besar korban bisa dilakukan rawat jalan. Beberapa korban mengalami cedera yang cukup serius dan harus dilakukan tindakan operasi

Demonstran yang dirawat di rumah sakit  mayoritas berusia 20-29 tahun dengan jumlah 294 orang. Sementara itu disusul dengan usia 10-19 tahun yang berjumlah 170 orang, dan usia 30-39 tahun 114 orang.

Mereka tersebar di beberapa fasilitas layanan kesehatan, yakni RS Pelni, RS Abdi Waluyo, RSUD Tarakan, RSAL Mintoharjo, RS Budi Kemuliaan, RSUD Tanah Abang, RSCM, Posko Lapangan, RS Dharmais, RS Siloam kebon jeruk, IGD MMC, RS Patria IKKT, RS Medika Permata Hijau, RSPAD Gatot Subroto, RSUD Pasar Rebo, RS Polri, dan Puskesmas Kembangan.(mar)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya