85 Ambulans Gawat Darurat Siaga saat Mudik

Ribuan fasilitas layanan kesehatan disediakan selama mudik Lebaran 2018
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiagakan 85 Ambulans Gawat Darurat (AGD) pada pelaksanaan mudik 2019. AGD tersebut disebar di 5 wilayah DKI Jakarta.

Panglima TNI Geram Danramil Ditembak OPM, Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr. Widyastuti mengatakan jumlah keseluruhan ambulans ada 242 unit. AGD termasuk ambulans yang disiagakan.

“Pada dasarnya Dinkes DKI punya 242 ambulans terdiri dari AGD, ambulans dari RSUD dan Puskesmas kecamatan, semua siap,” katanya, usai peninjauan kesiapan ambulans oleh Menkes RI di Kantor Dinkes DKI Jakarta, dikutip dari siaran pers Kemenkes RI, Selasa 28 Mei 2019.

Detik-detik Polisi Setop Ambulans Lawan Arus One Way, Ternyata Bukan Bawa Pasien Sakit

Dari 85 AGD itu, 60 unit di antaranya disebar di 5 wilayah, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara. Sisanya 20 unit AGD standby di tempat untuk cadangan kalau ada penarikan pasien tertentu.

“60 AGD tadi tersebar di 5 titik kota tempat-tempat strategis sehingga apabila ada kejadian yang membutuhkan penanganan cepat akan cepat ditindak,” katanya.

Ini Baru Orang Kaya! Belanja ke Mall Bawa 20 Mobil Mewah dan Ambulans

Selain itu, untuk mudik lebaran 2019, dr. Widyastuti menyatakan kesiapannya dengan menempatkan dukungan kesehatan di 4 terminal utama, yakni Terminal Kampung Rambutan, Kalideres, Pulo Gebang, dan di daerah Jakarta Utara.

“Ada 7 terminal tambahan yang harus kita backup karena di situ terjadi arus mudik yang lumayan, kita juga menyiapkan dukungan kesehatan di titik wisata, stasiun, dan pelabuhan,” katanya.

Di samping itu, untuk mempercepat respons penanganan masalah kesehatan, Dinkes DKI menyiapkan ambulans roda dua. Ada 15 unit ambulans roda dua yang juga disiagakan di 5 wilayah DKI Jakarta.

Ambulans roda dua di DKI Jakarta sudah ada sejak 2015. Terdapat kit bantuan kesehatan di dalamnya, pengemudinya pun sudah memiliki keilmuan bidang kesehatan.(ben)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya