Mengenal Asam Laktat dan Efeknya pada Kebugaran Tubuh

Ilustrasi berolahraga.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pernahkan Anda merasa mudah pegal dan kehabisan napas, saat sedang berolahraga? Salah satu penyebabnya, adalah karena tubuh menghasilkan asam laktat.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Senyawa tersebut terbentuk, saat tubuh sedang mengalami kekurangan oksigen. Senyawa yang disebut juga sebagai asam susu itu menumpuk di darah dan otot, sehingga menyebabkan pegal serta mudah lelah.

Salah satu cara untuk mencegahnya, yakni dengan menambahkan kadar hidrogen dalam darah. Berdasarkan penelitian, olahragawan yang mengonsumsi minuman hidrogen memiliki asam laktat lebih sedikit, dan stamina mereka juga lebih terjaga.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Manfaat dari senyawa hidrogen pada tubuh juga diakui oleh dokter spesialis bedah thorak dan kardiovaskular dari Rumah Sakit Hermina, Kemayoran, Jakarta, Sihar Deddy K Siahaan, Sp BTKV.

“Hidrogen adalah unsur kimia nomor satu. Selain itu, hidrogen juga merupakan gas yang paling ringan. Kondisi inilah, yang membuat hidrogen bisa digunakan untuk kesehatan,” ujarnya di Jakarta, Sabtu 1 Juni 2019.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Dokter estetika dari RHED Clinic, dr Elvin Erick Gultom menjelaskan, air hidrogen juga bisa digunakan untuk kecantikan. Fungsi antioksidan dalam air hidrogen, yakni dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

“Akibat terlalu banyak radikal bebas, lebih sedikit antioksidan yang tersedia. Kita mengalami sesuatu yang disebut stres oksidatif, yang berperan dalam penuaan dini pada kulit,” tuturnya di kesempatan yang sama.

Tak hanya dikonsumsi dalam bentuk minuman, tambahan hidrogen juga bisa didapatkan melalui inhalasi. Hal itu diutarakan oleh salah satu pendiri LiveWell Global, Leonardo Wiesan.

“Inhalasi gas hidrogen mempunyai manfaat berkali lipat, dari minum air yang mengandung tambahan hidrogen,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya