Ketagihan Minum Bubble Tea, Ini Bahayanya

Bubble tea
Sumber :
  • Urban List

VIVA – Seorang remaja 14 tahun di China harus dilarikan ke rumah sakit, karena mengalami kasus konstipasi atau sembelit parah selama lima hari. Dilansir dari netshark, Sabtu 8 Juni 2019, remaja yang berasal dari provinsi Zhejiang itu mengeluh tidak bisa makan atau menggerakkan perutnya.

Takut Corona, Beli Bubble Tea Harus Jarak 1,5 Meter dan Cek Suhu Tubuh

Oleh orangtuanya, ia kemudian dibawa ke rumah sakit. Awalnya, dokter tidak bisa menemukan apa penyebab dari konstipasi tersebut. Tapi, setelah meminta melakukan CT scan, mereka menemukan obyek berbayang tidak biasa di dalam perutnya.

Dokter kemudian menganalisa lebih jauh, dan menemukan fakta bahwa obyek tersebut adalah gumpalan tepung tapioka, yang menjadi bahan dasar pembuatan bubble tea atau boba tea.

Beredar Video Usus Buntu Penuh dengan Boba, Cek Faktanya

Ketika pasien ditanya, apakah dia meminum boba tea sebelum mengalami konstipasi, gadis itu mengelak. Namun kemudian, ia mengaku mengonsumsi minuman tersebut. Meski, jumlah yang diakui hanya satu gelas saja.

Namun, dokter tidak yakin dengan pengakuan tersebut. Sebab, butuh kadar tapioka dalam jumlah banyak untuk membuat gumpalan yang bisa menyebabkan sakit tersebut. Remaja itu kemudian diberikan obat pencahar, untuk membantu mengurangi konstipasi.

100 Pearls Sumbat Pencernaan Gadis 14 Tahun, Bahayakah Bubble Tea?

Dokter memperingatkan, bahwa bubble di dalam minuman yang dibuat dari tepung juga bisa mengandung zat tambahan, seperti pengental dan pengawet, yang sulit dicerna oleh tubuh.

Tangkapan layar (screenshot) unggahan video yang memperlihatkan seorang dokter membawa sebuah kantung yang ketika dibelah mengeluarkan butiran-butiran hitam yang diklaim sebagai boba, bola-bola kecil berbahan tapioka yang sering menjadi isian dari minuman

Cek Fakta: Boba Nyangkut di Usus Buntu dan Tak Bisa Dicerna

Beredar kembali unggahan video yang memperlihatkan seorang dokter membawa kantung yang ketika dibelah mengeluarkan butiran-butiran hitam yang diklaim sebagai boba.

img_title
VIVA.co.id
30 Mei 2022