Alasan Osteoartritis Rentan Intai Wanita

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Osteoartritis merupakan salah satu masalah pada sendi yang memicu rasa nyeri. Salah satu faktor penyakit osteoartritis tersebut adalah kegemukan.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Pengapuran atau dalam bahasa medis disebut osteoarthritis, disebabkan oleh proses penuaan yang menyerang persendian, terutama pada sendi yang menyangga berat badan, seperti pada lutut, pinggul, punggung, leher, dan sendi pada jari-jari. Tak hanya itu, beban yang berat dari bobot tubuh mengakibatkan sendi pada lutut sering kali menjadi sasaran utama terjadinya osteoartritis. 

"Kelebihan berat badan bisa sebabkan pengapuran karena beban dibawa ke mana saja setiap hari. Biasanya sendi yang paling sering dikeluhkan adalah lutut karena menjadi tumpuan saat berjalan, walaupun tidak menutup kemungkinan sendi lain alami pengapuran," ujar spesialis orthopedi Dr. dr. Norman Zainal, Sp.OT, M.Kes., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis 13 Juni 2019.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Hormon juga turut berperan terhadap proses pengapuran pada tulang. Pada wanita, hormon lah yang menjadi sumber paling sering pemicu pengapuran tersebut.

"Saat usia 40 tahun, hormon leptin (pembentuk sel lemak) pada wanita lebih banyak dibanding pria. Makanya data dari WHO, perempuan hampir 2 kali lipat lebih sering terkena pengapuran dibanding laki-laki," katanya.

Deretan Vitamin untuk Atasi Nyeri Sendi

Rasa nyeri serta bunyi gemeretak menjadi gejala adanya pengapuran pada sendi. Untuk mencegah proses pengapuran tersebut, disarankan agar bisa menjaga berat badan dan meminimalisasi lemak di tubuh dengan aktif bergerak.

"Jaga keseimbangan berat badan serta aktif bergerak tapi jangan berlebihan," terangnya.

Ilustrasi nyeri sendi.

Sudah Masuk Usia 40 Tahun, Waspada Nyeri Sendi

Menurut dokter spesialis ortopedi, dr. M. Adib Khumaidi, SpOT, nyeri sendi tidak hanya dipengaruhi oleh usia.

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2021