Survei: Berat Badan Orang Indonesia Naik 6 Kilogram Usai Ramadan

Ilustrasi berbuka puasa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebuah survei menemukan bahwa di Indonesia, delapan dari 10 orang atau 83 persen masyarakat, cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri dibanding hari biasa. Hal ini, memicu kenaikan berat badan yang bertambah rata-rata enam kilogram pada momen tersebut.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition menyelenggarakan Holiday Eating Survey pada April 2019, dengan lebih dari 5.500 responden di 11 negara Asia Pasifik, yaitu Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Faktanya, Holiday Eating Survey di Asia Pasifik mengungkapkan, berat badan konsumen di 11 negara Asia Pasifik (termasuk Indonesia) tersebut, bertambah rata-rata enam kilogram pada akhir  Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

Ini merupakan jumlah kenaikan berat badan tertinggi yang dialami oleh konsumen dibandingkan dengan musim perayaan lainnya, termasuk Deepavali, Natal, dan Tahun Baru.

Berkaitan dengan itu, survei tersebut menemukan bahwa 83 persen responden Indonesia yang disurvei cenderung merayakan momen ini dengan mengonsumsi lebih banyak makanan saat Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri dibanding hari-hari biasa. Selain itu, 66 persen responden Indonesia mengakui, mereka mengonsumsi makanan yang kurang sehat.

4 Jenderal Polri Kompak Bareng Wartawan dan Polwan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan

Tiga alasan utamanya adalah 62 persen menikmati makanan enak selama liburan, 56 persen lebih fokus pada menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, dan 53 persen teman dan keluarga menjadi faktor penting untuk ikut melakukan perayaan.

"Konsumen di Asia Pasifik, termasuk di Indonesia, memperoleh tambahan berat badan rata-rata enam kilogram setelah Hari Raya. Sangat penting bagi kita, untuk mempertahankan kebiasaan gaya hidup sehat, termasuk membuat keputusan makanan yang lebih baik dan dipadu dengan aktivitas fisik, untuk memudahkan manajemen berat badan dan memperoleh kesejahteraan," ujar Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi, dikutip dari siaran pers Herbalife, Jumat 14 Juni 2019.

Ilustrasi berdoa.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Jumat, 29 Maret 2024

Berikut jadwal imsakiyah dan buka puasa di seluruh Indonesia Jumat, 29 Maret 2024 atau 19 Ramadhan 1445 Hijriyah.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024