Agung Hercules Derita Kanker Otak, Ini 5 Gejala yang Harus Diwaspadai

Agung Hercules (kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

VIVA – Artis Agung Hercules dikabarkan tengah mengidap kanker otak stadium 4. Dalam sebuah postingan di media sosial, nampak perubahan drastis tubuh Hercules yang terlihat tak lagi bugar seperti biasanya.

Waspadai Gejala Ini Tanda Kanker Otak Stadium Akhir

Kabar ini tentu cukup mengejutkan, mengingat Hercules dikenal dengan tubuhnya yang kekar dan berotot. Apalagi, pria yang dikenal dengan jargon Tidak Goyang Barbel Melayang itu terlihat tak pernah mengeluhkan penyakit yang dideritanya.

Adapun jenis kanker otak yang diidap Hercules disebut dengan Glioblastoma. Di mana sel kanker tersebut bermula di otak bagian serebrum, yakni bagian otak terbesar.

Sakit Kepala saat Membungkuk Bisa Jadi Gejala Kanker Otak

Untuk mencegah penyakit kanker otak ini, sebaiknya Anda mengenali gejalanya sejak awal. Berikut beberapa gejala kanker otak yang dapat dikenali sejak dini dan sebaiknya segera diperiksa ke dokter, dikutip dari laman The Indian Express, Senin 17 Juni 2019.

1. Sakit kepala terus menerus

Nick Cannon Ungkap Perjuangan sang putra yang Meninggal Karena Kanker

Gejala paling pertama yang tak boleh diabaikan yaitu sakit kepala. Namun, sakit kepala yang dirasakan biasanya lebih berat dan terus menerus, terlebih jika disertai dengan mual muntah. Jika frekuensi sakit kepala dialami lebih 4-5 kali sehari, segera konsultasikan ke dokter.

2. Kejang

Gejala ini mengindikasikan adanya masalah pada otak. Kejang biasanya terjadi secara mendadak, akibat adanya gelombang listrik abnormal di otak. Kejadian kejang yang sering terjadi biasanya menjadi gejala adanya tumor pada otak.

3. Tubuh melemah atau lumpuh satu sisi

Tubuh yang lumpuh pada sebelah sisi dikenal dengan nama hemiplegia. Sementara, tubuh yang melemah di satu sisi saja disebut dengan hemiparesis.

4. Masalah penglihatan atau bicara

Tumor yang terletak berdekatan dengan saraf optik dapat memicu penglihatan yang buram atau ganda. Selain itu, ini juga dapat memicu pergera?an abnormal pada mata atau penglihatan ganda yang bergantung pada ukuran dan lokasi tumor tersebut. Tak sedikit juga tumor pada otak yang mengakibatkan mulut alami kesulitan bicara.

5. Gangguan ingatan

Tumor pada otak biasanya berdampak pada kemampuan kognitif, di mana berakibat pada gangguan terhadap ingatan dan konsentrasi serta memicu rasa kebingungan. Perubahan juga dapat terjadi pada perilakunya. Tak sedikit orang yang memiliki kanker atau tumor di otak mengalami kesulitan untuk menjalankan aktivitas yang mudah.(ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya