Konsumsi Kafein Lebih dari 2 Cangkir Sehari, Waspada Keracunan

Ilustrasi kopi/kopi hitam.
Sumber :
  • Pexels/Kaboompics/Karolina

VIVA – Mengonsumsi kafein dalam kopi cenderung menjadi kebiasaan banyak orang. Hal ini dilakukan untuk menambah energi dan menghilangkan kantuk saat sedang menjalani aktivitas yang cukup padat.

Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi saat Ramadhan, Baiknya Diminum Buka atau Sahur?

Kafein pada dasarnya bekerja dengan membuat otak tetap terjaga. Saat dikonsumsi berlebihan, tentu asupan kafein bisa memberi efek samping yang buruk terhadap kualitas tidur.

"Yang tadinya bisa tidur malam, malah jadi susah tidur. Ini kan bisa membuat aktivitas di siang hari terganggu karena tidur di malam harinya tidak berkualitas," ujar spesialis penyakit dalam, Dr.Prasna Pramita, SpPD, K-AI, FINASIM, MARS dalam Peluncuran Produk Asuransi Kesehatan Sequis di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa, 18 Juni 2019.

Gak Kalah Sehat, Susu Kacang Mede Diklaim Rendah Kalori Hingga Bebas Kolesterol

Tak hanya itu, konsumsi kafein melebihi 500 miligram dalam satu hari bisa memicu bahaya lainnya, seperti gangguan pada sistem pencernaan. Bahkan, tubuh bisa mengalami keracunan dan hipertensi akibat asupan berlebih tersebut.

"Jika lebih dari 500 miligram bisa memicu keracunan, juga bisa membuat gangguan pada pencernaan dan menimbulkan diare. Bisa juga tingkatkan tekanan darah karena membuat pembuluh darah mengerut, sehingga tekanannya meningkat," kata Prasna.

Gak Perlu ke Luar Negeri, Nongkrong ala Restoran Mewah New York Ada di Jakarta

Meski begitu, kafein tak lantas harus dihindari, namun asupannya perlu dibatasi. Sebab, asupan yang tepat malah dapat memberi efek baik pada tubuh.

"Konsumsi dua cangkir per hari bisa menjadi obat untuk hilangkan nyeri atau sakit kepala," paparnya. (rna)

Ilustrasi kopi.

Terpopuler: Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi, Balenciaga Jual Gelang Lakban Rp51 Juta

Belum lagi soal Ustaz Alfie Alfandy yang mengungkap kebaikan minum kopi saat Ramadhan. Penasaran dengan dua berita lainnya? Berikut kami sajikan daftar berita terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024