Yuk, Kenal Lebih Dekat Kandungan AHA dan BHA dalam Kosmetik

Kosmetik
Sumber :
  • U-Report

VIVA – AHA dan BHA cukup menarik perhatian dalam dunia perawatan kulit karena melakukan keajaiban pada kulit dengan cara pengelupasannya. Sejumlah nama merek ternama memiliki kandungan ini di dalamnya.

Bahaya! 10 Produk Kecantikan Beracun yang Pernah Digunakan dan Masih Dipakai 

Jika masih tidak tahu tentang AHA atau BHA dan kenapa harus mulai menggunakan produk dengan kandungan ini di dalamnya, berikut penjelasannya dilansir Soompi. 

Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Viral Wajah Asli dr Richard Lee Tertangkap Kamera Wartawan: Jahat Banget Ama Gue

Asam AHA umumnya berasal dari kandungan alami seperti tebu, almond, dan bahkan anggur. Ada pengikat yang membuat sel kulit bersatu, termasuk kulit kusam dan mati yang muncul di permukaan. AHA bekerja untuk meluluhkan 'lem' antara sel kulit sehingga menjadikan proses peluruhan secara alami pada kulit. 

Orang tidak akan bisa melihat proses itu secara langsung, tapi bisa melihat dan merasakan bagaimana kulit menjadi lebih lembut. Efek dari AHA bisa dirasakan di lapisan teratas kulit, yang artinya mereka ideal untuk masalah kulit di bagian permukaan seperti bekas jerawat, pigmentasi, dan tekstur kulit tak rata. Dengan penggunaan jangka panjang, bahkan bisa mencegah munculnya bintik pada wajah. 

Penimbun 26 Ton Minyak Goreng di Jaksel Perusahaan Kosmetik

Molekul yang ada pada rias dengan kandungan AHA dan asam yang larut air, cocok bagi kulit kering dengan meningkatkan kelembabannya. AHA juga baik untuk kulit yang rusak karena matahari dan penuaan kulit. 

Beta Hydroxy Acid (BHA)

BHA baik untuk jenis kulit berminyak, jadi ini baik untuk orang dengan kulit berjerawat. Kandungan ini efektif merawat komedo, baik hitam atau putih, membuat kulit lebih bersih dan selangkah lebih dekat mencapai kulit impian.

Jika khawatir tentang kulit sensitif, mereka memiliki anti peradangan dan antibakteri yang membantu meredakan kemerahan. Kandungan ini juga menembus pori yang tersumbat oleh minyak dan kulit mati yang memicu jerawat. 

Dengan BHA bisa dilihat bahwa kulit kemerahan akan berkurang dan menjadi lebih lembut. Tapi perlu diingat saat menggunakan BHA kulit mungkin tidak bisa mentoleransi pengelupasan tergantung pada parah tidaknya rosacea (penyakit kulit). 

Kombinasi AHA dan BHA

Bingung pilih mana, gunakan saja keduanya. Biasanya untuk merawat kulit kering, kerusakan matahari dan garis halus, serta jerawat dan masalah penyumbatan kulit.

Ada beberapa mereka ternama yang menggabungkan kedua bahan ini sekaligus. Boleh saja menggunakan keduanya atau salah satu dari dua bahan ini, tapi yang tetap harus diingat adalah jangan lupa menggunakan tabir surya setelah menggunakan asam ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya