Jam Tangan Anda Ternyata Lebih Kotor dari Dudukan Toilet

Jam Tangan Kennetch Cole
Sumber :
  • Instagram/@Kennetch Cole

VIVA – Hati-hati, jam tangan Anda bisa saja tiga kali lebih kotor dibandingkan dengan dudukan toilet. Jadi, Anda disarankan untuk membersihkan jam tangan secara rutin.

Terpopuler: Pengemudi Fortuner Pelat Dinas TNI Ditangkap, Negara yang jadi Medan Perang Dunia III

Meski kebanyakan dari kita akan secara rutin mengganti seprai, menyapu lantai, dan mencuci piring, tapi kita sering lupa untuk membersihkan barang yang kita pakai setiap hari. Misalnya, kuas make up, seringkali diabaikan meski faktanya bakteri yang menumpuk bisa menyebabkan jerawat dan masalah kulot lainnya.

Benda lain yang juga sering terlupakan adalah jam tangan. Meski tidak terlihat, jam Anda bisa menjadi sarang banyak kotoran. Hasil penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh ahli jam tangan dan kacamata hitam Tic Watches menunjukkan bahwa jam tangan Anda tiga kali lebih kotor dibandingkan dudukan toilet.

Eks Ajudan SYL Akui 2 Kali Beri Hadiah Jam Tangan Mahal ke Ketua Komisi IV DPR RI

Dikutip dari laman Metro, perusahaan jam tersebut melakukan tes penyeka dari 10 tipe jam berbeda, yang mencari bakteri aerobik, jamur dan ragi, dan setiap jam memiliki jumlah kotoran yang mengkhawatirkan. Tak hanya itu, ada responden yang memiliki bakteri delapan kali lebih banyak dari dudukan toilet dan pegangan flush.

Secara keseluruhan, jam tangan karet dan kulit juga membawa lebih banyak kotoran dibanding jam tangan logam. Hasil lebih lanjut juga menemukan bahwa 24 persen orang Inggris tidak pernah membersihkan jam tangan mereka dan 21 persen membersihkannya kurang dari setiap enam bulan sekali.

6 WNI Dibekuk Polisi Hong Kong Setelah Curi 25 Jam Tangan Senilai Rp 12 Miliar

Berdasarkan gender, wanita entah bagaimana lebih buruk dalam menjaga keawetan jam tangan mereka (27 persen), dibandingkan pria (24 persen). Meski demikian, tak perlu tergesa menyingkirkan jam tangan Anda karena bakteri dalam jumlah tertentu adalah normal dan sehat, kita memang dikelilingi oleh kotoran, debu, bahkan material feses, dan bakteri umum setiap hari.

Apalagi jam tangan juga bisa terkena bersin, batuk, percikan makanan dan banyak lagi. Jadi, yang kami sarankan adalah bersihkan jam tangan Anda secara berkala.

Tapi, sebelum Anda mulai menggosok, ingat bahwa tipe jam berbeda membutuhkan metode membersihkan yang berbeda pula. Direkomendasikan Anda mengelap jam dengan kain kering yang lembut setiap malam dan membersihkannya sebulan sekali. 

Untuk jam yang lebih mahal Anda seharusnya mendapatkan kain pembersih khusus ketika membeli. Tapi, Anda bisa juga membelinya secara online atau di toko jam.

"Apakah kita memakai jam setiap hari atau hanya saat bekerja, satu hal yang pasti, kita tidak membersihkannya sesering mencuci tangan. Sayangnya, tidak semua jam tahan air, jadi menghindari kontak dengan air saat memakainya bisa menjadi penyebab menumpuknya bakteri," ujar managing direktur Tic Watches, Daniel Richmond.

Daniel menyarankan bagi yang menggunakan jam tangan setiap hari agar membersihkannya secara benar setidaknya sebulan sekali. Semakin Anda merawat jam tangan, semakin awet jam tangan Anda. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya