Ratusan Orang Terjangkit Hepatitis A di Pacitan, Ini Langkah Kemenkes

Menteri Kesehatan, Nila Moeloek.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Wabah penyakit Hepatitis A baru-baru ini dikabarkan merebak di Pacitan, Jawa Timur. Hanya dalam sepekan, warga yang terkena penyakit tersebut sekitar 800 orang.

Ahli Ingatkan Fatty Liver Bisa Sebabkan Hepatitis, Pengerasan Hati bahkan Kanker

Seperti dikutip dari Antara, Jumat, 28 Juni 2019, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan Eko Budiono menuturkan, wabah penyakit Hepatitis sebenarnya mulai teridentifikasi di Puskemas Sudimoro pada 14 Juni 2019 dengan jumlah penderita awal 24 orang.

Menanggapi hal ini, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Wiendra Waworuntu, mengatakan bahwa pihaknya akan meninjau langsung ke Pacitan. Ia akan memastikan dan mengonfirmasi terkait data penderita hepatitis yang terjangkit.

Angka Penyakit Hati Meningkat, Temulawak Bisa Perbaiki Hingga Cegah Kerusakannya

"Yang penting kita lagi kaji dan juga turun lapangan untuk cari penyebabnya agar bisa memutuskan rantai penularannya dan tahu kumannya yang positif," ucap Wiendra saat dihubungi VIVA, Jumat, 28 Juni 2019.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya juga akan segera melakukan koordinasi internal Subdit Surveilans dan Subdit HISP Hepatitis dan Infeksi Saluran Pencernaan (HISP). Wiendra melanjutkan bahwa pihaknya juga akan berkoordinasi dengan, Dinkes Provinsi Jawa Timur, Dinkes Kab. Pacitan, serta Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) Surabaya.

Masuk Kelompok Rentan, Ribuan Nakes di Tangerang Bakal Disuntik Imunisasi Hepatitis B

"Kami akan mengumpulkan informasi kasus Hep A, perkembangan kasus, kronologi kejadian, dan informasi faktor risiko serta data Iainnya yang sudah dikumpulkan oleh Dinkes Pacitan," kata dia. (ldp)

Ilustrasi Hepatitis.

4 Penyakit Liver yang Sering Diabaikan, yang Terakhir Perlu Jadi Perhatian

Penyakit liver terjadi ketika organ hati mengalami gangguan sehingga tak berfungsi sebagaimana mestinya. Liver atau hati merupakan salah satu organ terbesar dalam tubuh.

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2024