789 Orang Mengidap Hepatitis A di Pacitan

Ilustrasi Hepatitis.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Penyebaran penyakit Hepatitis A di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur masih terus meningkat. Menurut data dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, hingga Rabu, 26 Juni 2019, ada 789 orang yang mengidap penyakit ini dengan komposisi 458 laki-laki dan 331 perempuan.

4 Penyakit Liver yang Sering Diabaikan, yang Terakhir Perlu Jadi Perhatian

Penyakit ini menyebar di 9 wilayah kecamatan dengan tingkat kejadian tertinggi di Kecamatan Sudimoro, yakni 489 kasus. Sementara yang terendah terjadi di Kecamatan Ketro dengan total 1 kejadian.

"Upaya yg dilakukan saat ini adalah pelayanan pengobatan di seluruh Puskesmas dan perbaikan kualitas lingkungan melalui kaporitisasi," ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Jatim Setyo Budiono, saat dihubungi VIVA, Jumat, 28 Juni 2019.

Ahli Ingatkan Fatty Liver Bisa Sebabkan Hepatitis, Pengerasan Hati bahkan Kanker

Selain itu, pihaknya juga akan memperbaiki perilaku hidup bersih dan sehat terutama cuci tangan pakai sabun serta peningkatan pengetahuan masyarakat melalui penyuluhan massal lewat radio dan penyuluhan-penyuluhan.

"Yang terakhir kami juga akan melakukan penguatan surveilans," kata Setyo.

Angka Penyakit Hati Meningkat, Temulawak Bisa Perbaiki Hingga Cegah Kerusakannya

Menanggapi hal ini, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Wiendra Waworuntu, mengatakan bahwa pihaknya akan meninjau langsung ke Pacitan. Ia akan memastikan dan mengonfirmasi terkait data penderita hepatitis yang terjangkit.

"Yang penting kita lagi kaji dan juga turun lapangan untuk cari penyebabnya agar  bisa memutuskan rantai penularan nya dan tahu  kumannya yang positif," ujar Wiendra saat dihubungi VIVA, Jumat, 28 Juni 2019.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya juga akan segera melakukan koordinasi internal Subdit Surveilans dan Subdit HISP Hepatitis dan Infeksi Saluran Pencernaan (HISP). Wiendra melanjutkan bahwa pihaknya juga akan berkoordinasi dengan, Dinkes Provinsi Jawa Timur, Dinkes Kab. Pacitan, serta Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) Surabaya

"Kami akan mengumpulkan informasi kasus Hepatitis A, perkembangan kasus, kronologi kejadian, dan informasi faktor risiko serta data lainnya yang sudah dikumpulkan oleh Dinkes Pacitan," kata dia. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya