3 Jenis Minuman Ampuh Turunkan Hipertensi

Secangkir teh hijau.
Secangkir teh hijau.
Sumber :
  • Ist/picdaily

Efek lebih besar didapat ketika para partisipan mengonsumsi spesies ganda bakteri probiotik, mengonsumsi probiotik secara rutin selama lebih dari delapan minggu, dan mengonsumsi sedikitnya 100 miliar unit pembentuk koloni dalam sehari.

Contoh lain dari makanan fermentasi meliputi yoghurt alami, kimchi, miso, dan tempe.

Jus bit
Penelitian yang dilakukan oleh Queen Mary University of London, dan didanai oleh British Heart Foundation (BHF), melibatkan 64 relawan yang meminum secangkir jus bit sehari selama durasi penelitian.

Para partisipan, semuanya merupakan pasien tekanan darah tinggi, meminum 150 ml jus sayuran sehari dan ditemukan memiliki tekanan darah seperti normal.

"Efek ini disebabkan oleh kadar jenis kimia yang tinggi yang disebut nitrat, yang ditemukan dalam jumlah banyak pada bit, dan sayuran berdaun hijau lainnya seperti kale dan kubis," jelas BHF.

Profesor Amrita Ahluwalia, yang memimpin penelitian mengatakan, penelitian ini membuktikan bahwa satu dosis nitrat anorganik setiap hari bisa seefektif penanganan medis dalam menurunkan tekanan darah, dan bagian terbaiknya adalah kita bisa dengan mudah mendapatkan bit dan sayuran berdaun hijau.

"Bagi Anda yang ingin mencoba diet nitrat, triknya adalah jangan merebus sayuran, karena nitrat makanan adalah larutan air, tapi mengukus, membakar, atau membuat jus, semuanya punya efek positif," ujar Ahluwalia. (ren)