Pentingnya Vaksin Influenza, Cegah Kematian Lansia

Ilustrasi vaksin wabah flu.
Sumber :
  • Instagram/@integrityurgentcarecleburne

VIVA – Influenza seringkali dianggap sebagai salah satu penyakit yang tidak berbahaya. Namun, bagi lansia, influenza bisa menjadi penyakit yang memicu kematian.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Mencegah influenza pada lansia bisa dilakukan melalui vaksinasi yang diberikan di usia yang sudah cukup renta. Sebab, di usia lansia tersebut, influenza rentan menyerang dan menjadi berbahaya.

"Influenza penyakit sederhana tapi bisa berakibat fatal pada orangtua. Pada anak muda, influenza bisa sembuh dalam 1 minggu. Kalau lansia, sulit sembuh dan malah menurunkan daya tahan tubuh serta kena infeksi paru seperti pneumonia," ujar spesialis penyakit dalam, Prof Dr dr Siti Setiati SpPD-KGER, MEpid., dalam temu media di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, Kamis 4 Juli 2019.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Pneumonia yang dibiarkan tanpa pengobatan dapat berubah menjadi penyakit paru kronis. Terlebih pada orang lanjut usia, penyakit paru ini dapat berakibat fatal.

"Pneumonia bisa berujung pada kematian. Makanya, vaksinasi penting untuk mencegah penyakit menular," paparnya.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Siti menegaskan, vaksin pneumonia pada lansia turut direkomendasikan agar mencegah penyebaran penyakit yang makin meluas. Selain itu, vaksinasi pneumonia bisa menurunkan keparahan penyakit tersebut.

"Vaksinasi penting karena bisa mencegah atau mengurangi tingkat parahnya penyakit infeksi. Direkomendasikan 2 vaksinasi lansia yang penting yaitu influenza dan pneumonia," ujarnya. (nsa)

Ilustrasi Lansia

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Seorang nenek lanjut usia inisial M (79) mengalami nasib miris karena berhalusinasi mengakui bahwa dirinya sudah diperkosa oleh sebuah handphone.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024