Tidak Menstruasi Berbulan-bulan Padahal Tak Hamil, Ini Penyebabnya

ilustrasi menstruasi
Sumber :
  • Dok. Ist/Lammily

VIVA – Siklus menstruasi tidak teratur adalah suatu hal yang lazim terjadi. Hal ini kemungkinan terjadi karena perubahan gaya hidup, faktor lingkungan, hormonal, hingga stres.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Tetapi menstruasi yang lambat datang terutama selama tiga bulan atau lebih, padahal tidak hamil harus menjadi perhatian. Kondisi ini disebut amenore dan ternyata banyak terjadi terutama pada wanita muda. Jika hal ini terjadi pada Anda tentu harus melalui pemeriksaan khusus secara medis.

Lantas apa sebetulnya yang menyebabkan hal ini? Direktur medis dan pakar IVF dari Mother's Lap IVF Cente, Dr Shobha Gupta, berbagi beberapa alasan umum mengapa menstruasi.

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

Stres

Stres yang parah dapat memiliki efek besar pada menstruasi. Hormon stres fisik atau emosional tingkat tinggi, seperti kortisol, dalam tubuh  dapat mengganggu lonjakan hormon menstruasi, yang menghasilkan siklus yang tertunda atau terhenti.

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Olaharaga berlebihan

Berolahraga itu baik, tetapi jika berolahraga terlalu banyak atau melakukannya secara agresif maka hormon Anda akan terganggu dengan cara mereka ketika  sedang stres. olahraga berlebihan tanpa kalori yang cukup dapat menyebabkan gangguan pada tubuh. 

Jika Anda seorang atlet olahraga berat atau atlet dan memiliki sedikit lemak tubuh, ada kemungkinan Anda akan mulai melewati menstruasi dan memiliki siklus anovular juga.

Kehilangan berat badan drastis

Kita tahu tidak semua lemak itu baik, tetapi beberapa lemak itu penting. Jika berat badan tenggelam terlalu rendah, Anda dapat berhenti berovulasi. Memiliki badan yang terlalu kurus dapat mencegah kehamilan ketika tidak ada cukup makanan untuk menopang Anda dan bayi.

Dengan cara yang sama, kelebihan berat badan dapat menyebabkan obesitas sehingga meningkatkan kemungkinan  didiagnosis dengan infertilitas. Awasi berat badan; terlalu banyak berat badan juga mengganggu siklus menstruasi.

Menopause dini

Menopause adalah sesuatu yang kita kaitkan dengan wanita yang lebih tua, tetapi kegagalan ovarium prematur (POF) dapat terjadi pada wanita yang lebih muda juga. Penyebab pasti POF masih belum ditentukan tetapi mengubah kebiasaan makanan, budaya kerja dengan tekanan yang meningkat dan pekerjaan yang membuat stres adalah beberapa alasan menopause dini. 

Anda mungkin memiliki PCOS

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) sangat umum saat ini karena kebiasaan gaya hidup. Ini adalah gangguan endokrin yang memiliki banyak gejala, seperti kurang atau menstruasi yang tidak teratur, 'kista' di ovarium, masalah kesuburan dan kenaikan berat badan. Ini juga dapat menyebabkan rambut tubuh berlebih, jerawat, rambut menipis dan depresi. Tidak semua orang menunjukkan semua tanda-tanda ini namun itu memengaruhi wanita dengan cara yang berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya