Hati-hati, Polusi Udara Jakarta Bisa Sebabkan Katarak hingga Kanker

Ilustrasi udara di Jakarta
Sumber :
  • Instagram/@jakarta_aqi

VIVA – Kondisi udara di Jakarta dikabarkan makin mengkhawatirkan dalam beberapa hari belakangan. Bahkan, Juru Kampanye Energi Greenpeace Indonesia Bondan Andriyanu menuturkan bahwa Jakarta menempati kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Menanggapi buruknya kualitas udara di Jakarta, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan bahwa polusi udara di Jakarta bisa menimbulkan risiko kanker dan katarak. Hal ini terutama terjadi karena pengelolaan sampah yang kurang baik dengan cara dibakar.

Menkes menjelaskan bahwa sampah plastik yang dibakar akan menyebabkan gas pembawa penyakit. Kandungan karbon monoksida yang dikeluarkan akan membuat lubang ozon rusak.

Meninggal Dunia, Hilbram Dunar Ternyata Berjuang Melawan Kanker Sejak Tahun Lalu

"Akhirnya kita kena sinar ultraviolet yang bahaya penyakitnya akan banyak, seperti kanker dan katarak,” kata Menkes dalam siaran persnya, Senin, 8 Juli 2019.

Selain soal sampah, Nila juga menyebut bahwa penyebab polusi udara di Jakarta adalah transportasi, dan industri, Untuk itu, ia mengimbau masyarakat untuk mengubah perilaku menjadi lebih sehat.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

"Kita harus mengubah perilaku hidup kita. Saya titik beratkan, ayo kita semua perilaku harus kita ubah. Perilaku masyarakat kita tidak boleh membuat perubahan iklim menjadi buruk,” kata Menkes.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengajak masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum. Selain itu, ia mengatakan bahwa sudah ada langkah jangka pendek dengan menyiapkan alat-alat ukur kualitas udara dan mengendalikan emisi kendaraan bermotor.

“Akan ada uji emisi kendaraan yang beroperasi di Jakarta, baik dari luar Jakarta maupun dari warga Jakarta harus lolos uji emisi. Bila tidak lolos maka akan ada disinsentif berupa pajak dan parkir yang akan lebih mahal,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya