Dugaan Penyebab Pecahnya Pembuluh Darah Tio Pakusadewo

Tio Pakusadewo
Sumber :
  • Instagram/pksdw

VIVA – Aktor senior Tio Pakusadewo baru saja dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) Cawang, Jakarta Timur, Senin sore, 8 Juli 2019, lantaran terkena serangan stroke.

Polisi Ungkap Detik-detik Penemuan Ibu dan Anak Tewas Dalam Rumah di Cilandak Jaksel

Kabar ini dibenarkan oleh manajernya Ardi. Ardi mengatakan bahwa saat ini Tio sedang mendapatkan perawatan medis, akibat pembuluh darahnya yang pecah. Ardi juga mengatakan bahwa sebelum mengalami serangan stroke, Tio sempat mengalami muntah. Lalu, apa sebenarnya yang membuat pembuluh darah seorang bisa pecah dan memicu stroke?

Seperti dilansir dari Healthline, secara umum ada dua jenis stroke yaitu iskemik dan hemoragik. Stroke iskemik disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jaringan otak. Sedangkan sekitar 13 persen stroke adalah hemoragik. Ini adalah stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak. 

Kaya Protein Hingga Cegah Stroke, Jangan Lupa Masukkan Seafood ke Menu Ramadhan

Hal ini serupa dengan yang dialami oleh Tio. Stroke hemoragik juga disebut perdarahan intraserebral, atau ICH. ICH terjadi ketika pembuluh darah pecah dan darah menumpuk di jaringan sekitar pecah. Ini memberi tekanan pada otak dan menyebabkan kehilangan darah ke daerah sekitarnya.

Secara umum, ada dua kemungkinan penyebab pecahnya pembuluh darah di otak. Penyebab paling umum adalah aneurisma. Aneurisma terjadi ketika bagian pembuluh darah menjadi membesar akibat tekanan darah kronis dan berbahaya atau ketika dinding pembuluh darah lemah, yang biasanya bawaan. Balon ini menyebabkan penipisan dinding pembuluh darah, dan akhirnya pecah.

Wafat di Usia 97 Tahun, Solihin GP Sempat Enam Kali Alami Stroke hingga Lumpuh

Penyebab yang lebih jarang dari pecahnya pembuluh darah ialah Malformasi Arteriovenous (AVM). Ini terjadi ketika arteri dan vena terhubung secara abnormal tanpa kapiler di antaranya. AVM bersifat bawaan. Ini berarti mereka hadir saat lahir, tetapi mereka tidak turun temurun. Tidak diketahui persis mengapa itu terjadi pada beberapa orang.

Mereka yang mengalami kondisi ini penting untuk mendapatkan perawatan medis segera peluang pemulihan terbaik. Selain itu, pencegahan juga penting. Jika Anda mengendalikan faktor-faktor risiko Anda, Anda dapat sangat mengurangi peluang Anda mengalami semua jenis stroke. (nda)

Proses Evakuasi Jasad Suami Bakar Istri di Jayapura. (Foto:Damkar Kota Jayapura)

Sadis! Suami Bakar Istri di Jayapura Gara-gara Sakit Stroke

Suami di Jayapura Bakar Istri hingga Hangus Gara-gara Sakit Stroke

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024