Logo BBC

Dapatkah Bernyanyi Memperbaiki Kesehatan?

Pengelola museum itu mengatakan proyek penelitian dan restorasi yang tengah berjalan ini akan membantu mereka mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi lukisan itu. - ROBIN VAN LONKHUIJSEN/AFP
Pengelola museum itu mengatakan proyek penelitian dan restorasi yang tengah berjalan ini akan membantu mereka mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi lukisan itu. - ROBIN VAN LONKHUIJSEN/AFP
Sumber :
  • bbc

Bernyanyi dapat memberikan semangat, tetapi penelitian mengisyaratkan hal ini juga dapat berguna bagi kesehatan fisik.

Bernyanyi dapat memperbaiki pernapasan orang-orang yang mengalami gangguan paru dan membantu penderita demensia dalam mengatasi penyakitnya.

Dalam dua dekade terakhir sejumlah peneliti telah berusaha menjabarkan mekanisme kejiwaan, fisik dan tingkah laku yang mengaitkan bernyanyi dengan kesehatan.

Profesor Daisy Fancourt, dari University College London, mengatakan sejumlah perubahan terjadi di tubuh saat menyanyi, "Kegiatan ini di antaranya dapat mengurangi hormon stres seperti cortisol . Kami juga melihat perbedaan tingkat endorphin yang terkait dengan perasaan kita."

Sejumlah pengaruh

Prof Fancourt telah melakukan penelitian ekstensif terkait keuntungan kesehatan bernyanyi dan mengatakan kegiatan ini memiliki sejumlah efek.


Bernyanyi digunakan sebagai terapi bagi penderita gangguan syaraf. - Getty Images

"Bernyanyi adalah kegiatan sehat yang melibatkan berbagai hal. Terdapat banyak komponen di dalamnya. Bernyanyi melibatkan ekspresi perasaan, yang kita ketahui baik bagi kesehatan jiwa. Ini juga memberikan interaksi sosial yang dapat membantu mengurangi perasaan terasing."

Dia mengatakan bahkan mendengarkan musik dapat memiliki keuntungan kesehatan yang dapat diukur.

"Di antaranya adalah menonton konser, apakah itu musik klasik ataupun rock - kami menemukan tingkat pengurangan stres yang sama. Ini menunjukkan adanya peran faktor kontekstual."

Makalah tahun 2011 yang diterbitkan Canterbury Christ Church University, Inggris, menyebutkan bahwa "bernyanyi dapat membantu orang yang mengalami masalah jiwa dan fisik".