Ini Alasan Kerang Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria

Turunnya Produksi Kerang Hijau
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Makanan laut atau seafood merupakan salah satu jenis makanan yang cukup digemari masyarakat. Salah satu jenis makanan laut yang juga memiliki penggemar banyak adalah kerang.

Terkontaminasi Alga Berbahaya, Malaysia Minta Warganya Setop Konsumsi Kerang

Kerang memiliki jenis yang cukup beragam seperti kerang dara, kerang hijau, kerang bambu hingga kerang tiram. Masing-masing kerang bisa diolah menjadi berbagai sajian lezat dengan bermacam-macam jenis saus.

Meski lezat dan banyak digemari, ternyata masih ada orang yang enggan mengonsumsi kerang. Sebabnya, mereka beranggapan mengonsumsi kerang bisa menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Pria Ini Tabur Garam di Pasir Pantai: Muncul Makhluk yang Bikin Merinding

Meski begitu, menurut dokter spesialis gizi klinik dr. Ida Gunawan MS SpGK(K), kerang mengandung mineral tinggi yakni zinc.

"Zinc ini yang bisa meningkatkan vitalitas pria," kata dia dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis 11 Juli 2019.

Bea Cukai Kawal Ekspor Perdana Kerang dari Banda Aceh

Selain itu, banyak juga yang khawatir mengonsumsi kerang karena tempat hidupnya di laut, seperti kerang dara. Kerang yang hidup di laut akan mengambil semua racun di laut. Racun yang dikonsumsi kerang itu, jika dikonsumi bisa berpindah ke dalam tubuh kita. 

"Kalau itu, tergantung di mana Anda ambil, perairan bersih ya bersih, kalau tercemar ya jangan dimakan," lanjut dia.

Karenanya, penting untuk membersihkan kerang dengan baik. Ida juga menyarankan untuk tidak mengonsumsi kerang dalam keadaan mentah dan tidak mengonsumsi kerang berlebihan.

"Konsumsi kerang satu hari 100 gram, kerang hijau 10-12 buah," imbuh dia.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya