Suka Pakai Pengharum Ruangan? Waspada Bahayanya

Ilustrasi pengharum ruangan
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Berada di ruangan yang harum pasti membuat kita nyaman. Maka tidak heran, banyak yang menggunakan pengharum ruangan, baik di kantor atau rumah.

Jangan Sama! Cara Pilih Aroma Reed Diffuser Buat Kamar Tidur dan Ruang Tamu

Banyak dari kita merasakan sensasi rileks ketika menghirup wangi dari pengharum ruangan. Namun ternyata menggunakan pengharum ruangan bisa berdampak tak baik untuk kesehatan.

Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan pengharum ruangan adalah gangguan pernapasan. Dalam program Ayo Hidup Sehat Plus Jumat 12 Juli ini, Dr. dr. Shirley Moningkey M.Kes menjelaskan bahwa pengharum ruangan bisa sebabkan gangguan pernapasan lantaran gas yang dikeluarkan pada pengharum ruangan bereaksi dengan polutan di udara sekitar.

Suka Wewangian di Rumah? Ketahui Kapan Harus Pakai Reed atau Candle Diffuser

“Ada beberapa bahan yang dilepaskan pengharum ruangan, ada phthalate, bahan chemical tunggal dan jamak yang nanti akan sebabkan pengaruh tubuh manusia dan sebabkan gangguan,” kata dia di acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 12 Juli 2019.

Selain gangguan pernapasan, penggunaan pengharum ruangan yang tidak alami juga diketahui bisa menyebabkan penyakit kanker paru-paru. Hal ini lantaran kandungan zat benzene yang merupakan salah satu bahan karsinogenik yang terdapat pada pengharum ruangan.

Dari Pewangi hingga Masker Rambut, Ini 10 Manfaat Teh yang Bisa Digunakan Selain Diminum

Penggunaan pengharum ruangan buatan, kata Shirley, dapat mengganggu sistem syaraf. Hal ini ditandai dengan gejala sakit kepala, migrain hingga tremor.

Penggunaan pengharum ruangan buatan juga ternyata dapat membuat keguguran dan diabetes pada ibu hamil. Itu lantaran kandungan phthalate yang ada para pengharum ruangan.

“Penelitian di Amerika Serikat dengan 350 ibu hamil, dari penelitian yang dilakukan, urine ibu hamil dengan menggunakan pengharum ruangan mengandung phthalate. Sebanyak 60 persen yang diteliti itu mengandung phthalate yang mana bisa menyebabkan gangguan diabetes pada ibu hamil gangguan metabolisme glukosa, sebabkan diabetes pada ibu hamil,” tutur Shirley.

Selain itu, penggunaan pengharum ruangan berdampak buruk bagi sistem reproduksi wanita. Dari penelitian, kata dia, setidaknya diketahui ada 100-350 bahan berbahaya di dalam pengharum ruangan, yang mana salah satu efeknya bisa mengganggu sistem endokrin di tubuh.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya