Keluarkan Ingus dengan Paksa saat Hidung Tersumbat Ternyata Berbahaya

Ilustrasi influenza/flu/bersin/pilek.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Hidung tersumbat memang menyiksa. Anda akan kesulitan untuk bernapas, karena oksigen yang masuk melalui lubang hidung terhambat oleh hidung Anda yang tersumbat. Biasanya, alternatif yang dilakukan kebanyakan orang adalah mengeluarkan ingus dengan paksa dengan cara menghembuskannya.

Soal Flu Singapura, Menkes Singgung Virus Terus Berkembang

Jika Anda masih melakukan kebiasaan tersebut sampai sekarang, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini. Dilansir dari Times of India, Senin 15 Juli 2019, mengeluarkan ingus dengan paksa saat hidung tersumbat justru akan memperparah kondisi flu Anda.

Sebuah tes yang dilakukan oleh Dr.J.Owen Hendley dan peneliti lain di University of Virginia, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa batuk dan bersin menyebabkan sedikit tekanan pada rongga hidung dibanding mengeluarkan ingus.

Ramai Kasus Flu Singapura, Seberapa Fatal Jika Menyerang Anak-anak?

Faktanya, batuk dan bersin hanya menghasilkan sepersepuluh dibanding tekanan yang timbul akibat mengeluarkan ingus terlalu keras. Ketika seseorang mencoba menghembuskan dan mengeluarkan ingusnya, setiap hidung dapat memindahkan sekitar satu milimeter lendir ke dalam sinus.

Aktivitas ini juga memberi tekanan besar pada rongga hidung, yang setara dengan pembacaan tekanan darah diastolik seseorang. Meskipun belum jelas apakah masuknya lendir ke sinus bisa berbahaya atau tidak, tetapi masuknya virus atau bakteri ke sinus saat Anda sakit bisa menyebabkan infeksi.

WASPADA! Flu Singapura Ancam Anak-Anak: Kenali Gejala dan Cara Penanganannya

Cara terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan mengeluarkan ingus secara perlahan atau mengambil dekongestan, yaitu obat pereda hidung tersumbat. Hal ini dapat mencegah penumpukan tekanan berlebih pada sinus hidung.

Selain itu, Anda harus segera mengobatinya jika Anda mengalami flu atau pilek daripada menunggu satu atau dua hari untuk melihat apakah flu akan sembuh dengan sendirinya atau tidak. (ren)

Mengenal Flu Singapura yang Akhir-akhir Ini Merebak di Indonesia

Latar Belakang Sejarah Flu Singapura dan Cara Pencegahannya

Flu Singapura, salah satu peristiwa penting dalam sejarah epidemiologi Asia pada abad ke-20. Flu ini menciptakan dampak signifikan pada masyarakat, khususnya di Singapura

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024