Jangan Remehkan Oncom, Ternyata Manfaatnya Luar Biasa

Oncom.
Sumber :
  • Ayo Hidup Sehat

VIVA – Oncom merupakan makanan yang berasal dari Jawa Barat dan sangat digemari masyarakat Indonesia. Ada dua jenis oncom yang biasa dikonsumsi yaitu oncom dari bungkil tahu atau ampas dari proses pembuatan tahu, dan oncom hitam yang terbuat dari ampas atau bungkil kacang tanah.

Resep Oncom Leunca Pedas Khas Sunda yang Patut Dicoba

Berbeda bentuk, ternyata kedua jenis oncom tersebut juga diolah dengan proses yang berbeda pula. Meski terbuat dari ampas, namun ternyata oncom memiliki kadar serat yg tinggi, sehingga baik bagi pencernaan.

Tapi sayangnya, hampir jarang masyarakat yang percaya bahwa oncom baik bagi kesehatan tubuh. Oncom bahkan diyakini minim gizi karena terbuat dari ampas.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Ternyata hal itu ditepis oleh Spesialis Gizi Klinis dr Ida Gunawan, MS, SpGK(K), menurutnya oncom masih memiliki gizi berupa karbohidrat dan protein. Karenanya oncom bisa dijadikan alternatif asupan gizi juga sumber energi.

Meski masih memiliki kadar gizi, namun ternyata konsumsi oncom juga harus dibatasi lho. Jika Anda penasaran, lebih lanjut, soal manfaat oncom akan dikupas tuntas dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne Senin 15 Juli 2019.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Jika Anda tak sempat saksikan di layar kaca, AHS juga bisa disaksikan melalui saluran live streaming di laman VIVA.co.id, pada pukul 13.00-14.00 WIB.  (ldp)

Tempe.

Tempe dan Oncom Turunkan Kolesterol dan Diabetes, Ini Cara Olahnya

Probiotik tersebut bertanggung jawab atas sejumlah manfaat sehat, di antaranya menyehatkan pencernaan, mencegah kanker, bahkan baik untuk penyandang diabetes

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2022