Logo ABC

Perokok Tiga Kali Kemungkinan Meninggal karena Penyakit Jantung

Merokok tidak saja sebabkan kanker, namun juga penyakit yang berhubungan dengan jantung.
Merokok tidak saja sebabkan kanker, namun juga penyakit yang berhubungan dengan jantung.
Sumber :
  • abc

Merokok menyebabkan penyakit kanker sudah lama diketahui, namun penelitian terbaru kini menyebutkan merokok juga menyebabkan kematian karena penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan Australian National University (ANU) mengatakan bahwa paling sedikit 17 warga Australia meninggal setiap hari karena menderita penyakit jantung dan sejenisnya yang disebabkan karena mereka merokok.

Ini adalah penelitian paling mendalam di dunia yang menunjukkan untuk pertama kalinya menunjukkan bagaimana merokok mempengaruh seluruh sistem di jantung manusia, jantung dan seluruh aliran darah utama.

Profesor Emily Banks dari ANU yang menjadi peneliti kepala mengatakan bahwa penelitian ini secara khusus mengkaji dampak merokok terhadap seluruh kemungkinan penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Tim peneliti melacak riwayat kesehatan sekitar 190 ribu warga Australia baik yang merokok maupun yang tidak merokok dan melihat 36 jenis penyakit jantung selama masa tujuh tahun.

"Kesimpulannya adalah merokok menyebabkan hampir semua penyakit yang berhubungan dengan jantung." kata Prof Banks.

Salah seorang yang mengalami hal tersebut adalah Rachel Teariki, perempuan berusia 40 tahunan yang sudah menjalani operasi pemasangan tiga bilik jantung.