Konsumsi Jahe Ampuh Cegah Morning Sickness

Ilustrasi wanita hamil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Morning sickness merupakan salah satu tanda di awal kehamilan yang wajar dialami para calon ibu. Namun, banyak yang mengeluh sulitnya menjalani aktivitas akibat berbagai gejala morning sickness tersebut.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Biasanya, gejala morning sickness pada ibu hamil yang paling banyak dikeluhkan adalah mual dan muntah. Ternyata, dengan mengonsumsi jahe sudah bisa meredakan rasa tidak nyaman tersebut.

"Jahe sudah paling tepat untuk cegah mual muntah di pagi hari saat masa kehamilan. Bisa dikonsumsi dengan cara apa saja," ujar Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, Dr. dr. Ali Sungkar, SpOG (K), ditemui dalam acara SGM Bunda di Jakarta, Rabu 17 Juli 2019.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Selain mengonsumsi jahe, Ali menuturkan pentingnya membagi porsi makan dalam jumlah yang sedikit namun sering. Dengan begitu, membuat lambung bisa tetap kenyang tanpa berlebihan.

"Jadi, lambungnya tidak dibiarkan kosong dalam waktu lama dan tidak makan dalam jumlah berlebihan yang berpotensi memicu rasa mual," kata dia.

5 Golongan yang Wajib Membayar Fidyah, Muslim Wajib Tahu

Adapun mual dan muntah di masa kehamilan terjadi karena pengaruh hormon yang diproduksi tubuh. Saat hamil, hormon tersebut bertujuan untuk membuat area rahim dan sekitarnya tidak terlalu banyak bekerja.

"Hormonnya itu menginginkan agar rahim seharusnya tenang saat hamil. Nah, itu berpengaruh juga ke usus dan lambung yang ketika dimasukkan makanan di pagi hari membuatnya bekerja dan memicu mual dan muntah," kata dia.(nsa)
 

Ilustrasi ibu hamil

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

Belum lama ini beredar kisah pilu dialami oleh seorang wanita yang tiba-tiba janinnya menghilang saat hamil empat bulan. Cerita yang dibagikan akun TikTok dan trending

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024