Ingin Program Diet, Baiknya Konsumsi Ikan Patin

Olahan ikan patin.
Sumber :
  • http://resepmasakanpop.blogspot.com/

VIVA – Ikan patin kerap dijadikan kudapan lezat dan khas, seperti pindang patin dan patin bakar yang digemari masyarakat. Selain memiliki daging ikan yang lembut, ikan patin memiliki banyak lemak di tubuh. 

Resep Nugget Ikan Patin Ala Putri Habibie, Dijamin Si Kecil Doyan

Lantas, apakah lemak ikan patin tersebut baik dikonsumsi tubuh? Spesialis Gizi Klinis dr. Raissa Juanda SpGK M.Gizi meluruskan bahwa ikan patin tidak memiliki kandungan lemak seperti yang dibicarakan orang.

"Dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, kandungan lemak ikan patin justru lebih rendah. Lemak di dalam ikan patin baik dikonsumsi," kata Raissa dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa 23 Juli 2019.

Mudah Banget, Coba Cara Hilangkan Bau Amis Ikan Patin

Karena mengandung lemak baik, ikan patin cocok dijadikan menu diet asal Anda bisa memerhatikan cara menyajikan ikan tersebut.

"Mengkonsumsi ikan patin bagus untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, sebab di dalam ikan patin terdapat banyak kandungan vitamin dan mineral," katanya. 

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Lebih lanjut untuk mendapatkan manfaatnya ia menyebut bahwa cara memasak ikan patin untuk kebutuhan diet harus benar.  "Jangan digoreng dan terlalu banyak santan. Baiknya di bakar atau direbus," sambungnya. 

Ida memberikan tips mengkonsumsi ikan patin dengan benar.  "Konsumsi patin tanpa digoreng, atau bersantan. Baiknya konsumsi patin di kukus atau di panggang. Selain itu,  pastikan ikan patin segar. Itu bisa dilihat dari mata,  insang dan daging ikan patin yang ditekan akan kembali," katanya. (nda)

Pindang patin kemangi khas Palembang

5 Resep Ikan Patin Sebagai Pilihan Menu yang Gurih dan Nikmat

Resep ikan patin mungkin menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga atau bahkan yang hanya sedang ingin memasaknya saja.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2022