Benarkah Konsumsi Kunyit saat Hamil Berbahaya?

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dari meningkatkan kekebalan hingga mengandung antioksidan, kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang hampir ada di semua rumah. Bumbu dapur satu ini kerap digunakan dalam banyak masakan dan memiliki manfaat yang terbukti secara ilmiah.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Dilansir dari Times of India, kunyit diyakini dapat membantu meringankan nyeri sendi, mengatasi masalah pencernaan, kolesterol, kelelahan, sakit kepala, kanker, pilek, depresi, diabetes, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai manfaat kesehatan yang terkandung dalam kunyit, banyak orang mulai mengonsumsinya dalam bentuk kapsul dan suplemen.

Karena kunyit sangat bermanfaat, kita cenderung percaya bahwa kunyit baik untuk semua orang. Jika Anda memiliki pemikiran yang sama, Anda harus mempertimbangkannya kembali.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Ibu hamil mungkin tergoda untuk mengonsumsi kunyit dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya. Namun ternyata, curcumin, bahan aktif dalam kunyit, yang terkandung sekitar 3 persen dari beratnya dapat menyebabkan masalah pada wanita hamil jika dikonsumsi dalam dosis besar.

Menurut para ahli, kunyit aman jika dikonsumsi dalam jumlah normal yang biasa dimasukkan dalam makanan sehari-hari. Menggunakan kunyit dalam berbagai kuliner sangat aman. Kandungan curcumin dalam kunyit kering atau bubuk tidak terlalu tinggi karenanya tidak diserap dengan baik oleh tubuh.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Kunyit tidak aman untuk ibu hamil jika dikonsumsi dalam bentuk obat. Suplemen dan kapsul kunyit mengandung jumlah curcumin yang lebih besar, yang dapat meningkatkan risiko beberapa komplikasi kehamilan.

Kunyit

Menurut para ahli, curcumin mungkin meniru hormon estrogen dalam tubuh Anda. Ini dapat meningkatkan kram menstruasi dan merangsang kontraksi uterus yang dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan keguguran. Mengonsumsi kunyit dengan dosis tinggi juga dapat mengganggu obat pengencer darah dan penghambat asam.

Jika Anda menderita ruam atau sakit kepala setelah mengonsumsi kunyit, ini adalah tanda tubuh bahwa kunyit tidak cocok untuk Anda. Hindari kapsul dan suplemen kunyit saat Anda hamil. Tapi, Anda tetap bisa mengonsumsinya dengan mencampurkannya sebagai bumbu masakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya