Cegah Kanker Usus dengan Konsumsi Ikan 3 Porsi Tiap Minggu

Ilustrasi ikan mentah.
Sumber :
  • Pixabay/Rita E

VIVA – Mengonsumsi tiga porsi ikan setiap minggu ternyata memiliki manfaat luar biasa. Sebuah penelitian bahkan mengungkap, konsumi tiga porsi ikan setiap minggu dapat mengurangi risiko terkena kanker usus.

Pakar Ungkap Manfaat Konsumsi Ikan, Kulit Awet Muda Hingga Cegah Stunting Anak

Para ahli dari Universitas Oxford dan Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) mengamati diet 476.160 orang melalui kuesioner. Survei mencakup perincian tentang asupan ikan setiap orang, termasuk semua jenis ikan, putih, berlemak, berminyak, dan ramping.

Dilansir laman Metro, para peneliti menemukan bahwa mereka yang makan ikan secara teratur memiliki risiko 12 persen lebih kecil untuk mengalami kanker usus daripada orang yang makan kurang dari satu porsi ikan dalam seminggu.

Konsumsi Ikan Berlebihan Picu Risiko Keracunan Bahan Kimia hingga Kanker

Jika sangat ingin merasakan khasiat dari ikan, para peneliti menemukan bahwa jumlah utama ikan untuk mengurangi risiko kanker usus Anda adalah 359.1 gram ikan setiap minggu.

Perlu diketahui, gejala kanker usus mulai dari pendarahan dari bagian bawah dan atau darah di kotoran Anda. Selain itu, gejalanya juga termasuk perubahan kebiasaan buang air besar yang tidak dapat dijelaskan dan tanpa alasan. Lalu, kelelahan yang ekstrem tanpa alasan yang jelas, hingga adanya rasa sakit atau benjolan di perut.

3 Jenis Ikan Ini Aman untuk Mengurangi Kadar Kolesterol

Konsumsi ikan jenis apapun ditemukan sebagai hal yang baik untuk mencegah kanker. Tetapi ikan berlemak ditemui paling besar pengaruhnya untuk mengurangi  risiko kanker usus. Orang yang mengonsumsi 123,9 gram ikan berlemak, seperti salmon dan sarden, ditemukan memiliki risiko 10 persen lebih rendah terkena kanker usus.

Nah jika Anda mengonsumi satu porsi ikan dengan ukuan 100 gram, tak ada salahnya tambahkan lagi satu porsi ikan berminyak tiap minggunya, ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Diperkirakan, ikan berlemak dan berminyak adalah sumber asam lemak tak jenuh ganda n-3 dengan rantai panjang yang sangat kaya, mengandung lemak baik yang diyakini memiliki efek perlindungan dalam tubuh dan mencegah peradangan.

Penelitian ini didanai oleh World Cancer Research Fund untuk memperkuat penelitian dietnya untuk publik. Lisa Wilde, direktur penelitian dan urusan eksternal di Bowel Cancer UK, mengatakan, "Membuat perubahan sederhana pada gaya hidup Anda dapat membantu melawan kanker usus. Termasuk konsumsi gandum, serat, dan ikan dalam diet Anda, dengan berat badan yang sehat, melakukan aktivitas fisik secara teratur, menghindari daging olahan dan membatasi daging merah, semuanya dapat membuat perbedaan nyata."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya