Telur Ayam Kampung Ampuh Tingkatkan Kesuburan, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi telur.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Telur ayam kampung disebut-sebut bisa memberi manfaat baik pada kesehatan tubuh. Salah satu yang santer terdengar yaitu dapat memicu kesuburan pada organ reproduksi manusia.

Makan Daging Merah Bantu Tambah Kesuburan Pasangan?

Faktanya, kandungan dalam satu butir ayam kampung dapat memberi manfaat baik dalam kesehatan tubuh termasuk memicu kesuburan. Sebab, terdapat mineral baik di dalam telur ayam kampung yang membuat hormon kesuburan meningkat.

"Bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Salah satunya ada selenium di dalam telur ayam kampung, yaitu jenis mineral yang berperan tingkatkan kesuburan reproduksi," ujar spesialis gizi klinis, dr Juwalita Surapsari, Mgizi, SpGK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin, 29 Juli 2019.

Masa Depan Kaum Adam Terancam Gelap

Berbeda dengan anggapan bahwa telur ayam kampung berperan dalam meningkatkan gairah seks pria, hal tersebut dikatakan Juwalita hanya mitos dan malah bisa memicu bahaya.

"Telur ayam kampung, terutama kuningnya mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang jika dikonsumsi memang sesaat seperti bangkitkan energi. Tapi kalau terlalu berlebihan, malah membuat lemak jenuh dan kolesterol jahat meningkat," jelasnya.

15 Persen Penyebab Pasangan Tidak Punya Anak karena Pria Tidak Subur

Kolesterol jahat dan lemak tersebut dapat menetap di pembuluh darah dan memicu bahaya fatal pada organ tubuh lainnya. Sebab, pasokan darah menjadi terhambat dan menurun sehingga organ tersebut kekurangan oksigen.

"Nanti bisa membuat kerak di pembuluh darah. Boleh konsumsi kuning telur ayam kampung tapi tetap cek kadar kolesterol," tutupnya. (ldp)

Ilustrasi sperma.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Menurut WHO, konsentrasi normal sperma pada pria minimal 20 juta per ml air mani. Kurang dari 15 juta sperma perl ml dianggap sebagai jumlah sperma rendah oligozoospermia

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024