Waspada Penyebab Kanker Paru, Sakitnya Ichsan Yasin Limpo

Ilustrasi paru-paru
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker paru paru stadium empat. Almarhum meninggal di Jepang pada Selasa pagi waktu setempat, 30 Juli 2019.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Menurut keterangan Putra kedua Almarhum, Adnan Purichta Ichsan yang saat ini menjabat sebagai Bupati Gowa Sulawesi Selatan mengatakan, Ichsan Yasin Limpo menderita penyakit kanker paru-paru dan sempat dirawat di rumah sakit Singapura selama empat bulan dengan menjalani proses kemoterapi. Namun sakitnya tak kunjung membaik hingga akhirnya almarhum dirujuk ke Rumah Sakit Juntendo, Tokyo Jepang hingga meninggal dunia.

Mungkin tak banyak yang menyadari, jika penyakit seperti yang diderita Ichsan Yasin Limpo bisa disebabkan oleh berbagai hal.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Seperti dikutip laman Alodokter dijelaskan bahwa, penyebab utama kanker paru-paru bisa karena kebiasaan merokok, sehingga perokok aktif merupakan kelompok yang paling rentan terkena kanker paru-paru. Namun, orang yang pernah merokok atau sering terpapar asap rokok juga berisiko menderita kanker paru-paru.

Rokok maupun asap rokok mengandung lebih dari 60 zat beracun yang dapat memicu perkembangan kanker (karsinogenik). Jenis zat beracun tersebut antara lain adalah nikotin dan tar. Nikotin dipakai sebagai bahan insektisida, sedangkan tar digunakan dalam pembuatan aspal jalanan.

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Pada tahap awal, zat beracun ini tidak memengaruhi fungsi organ paru. Namun semakin banyak rokok yang dihisap, kerusakan pada jaringan paru-paru juga akan makin bertambah. Kerusakan inilah yang mengakibatkan sel-sel bereaksi secara tidak normal dan tidak terkendali, hingga akhirnya muncul sel kanker.

Selain merokok, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru. Faktor risiko tersebut meliputi:

1.Riwayat kesehatan keluarga

Risiko seseorang untuk terkena kanker paru-paru akan makin tinggi jika salah satu anggota keluarganya pernah menderita kanker ini.

2.Lingkungan kerja

Lingkungan kerja yang tinggi paparan bahan kimia berbahaya, seperti arsen, asbes, nikel, dan batu bara, berisiko menyebabkan pekerjanya mengalami kerusakan pada paru-paru.

3. Lingkungan tempat tinggal

Batuan dan tanah dapat mengandung gas beracun alami (radon). Radon juga bisa ditemukan di bangunan tua. Jika sering dihirup, radon dapat merusak paru-paru.

4. Polusi udara

Paparan polusi udara dalam aktivitas sehari-hari, misalnya asap kendaraan di jalan raya atau asap pabrik di lingkungan kerja, akan meningkatkan risiko seseorang terkena kanker paru-paru.

5. Terapi radiasi

Pasien kanker jenis lain yang menjalani pengobatan dengan metode radioterapi memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker paru-paru.

Agar terhindar dari penyakit seperti yang diderita Ichsan Yasin Limpo, Anda harus mewaspadai penyakit ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya