Selain Ichsan Yasin, 5 Tokoh Ini Juga Meninggal karena Kanker Paru

Mantan Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Mantan Bupati Gowa, Sulawesi Selatan, Ichsan Yasin Limpo menghembuskan napas terakhirnya akibat menderita kanker paru-paru stadium 4. Meski telah menjalani pengobatan hingga ke Singapura, penyakit ganas tersebut tak dapat diobati.

Ada Kabar Baik untuk Pasien Kanker Paru-paru

Kanker paru merupakan kanker dengan angka kematian tertinggi di dunia di antara seluruh kanker. Satu dari lima kematian seluruh kanker disebabkan oleh kanker paru.

Tak heran, kasus kanker paru yang menimpa seseorang cenderung mengakibatkan kematian. Tak hanya Ichsan Yasin Limpo, ada sejumlah selebriti dan tokoh publik yang meninggal dunia akibat kanker paru. Berikut di antaranya, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, 31 Juli 2019.

Kombinasi Pengobatan Kanker Paru dengan Imunoterapi Janjikan Harapan Hidup Lebih Tinggi

1. Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia pada Minggu, 7 Juli 2019 dini hari di Guangzhou, China saat menjalani pengobatan untuk kanker paru stadium 4b yang dideritanya.

Jadi Penyebab Kematian Tertinggi, Sekarang Skrining Kanker di Puskesmas Gratis

Beragam proses pengobatan dijalani Sutopo, mulai dari konsumsi obat hingga kemoterapi. Terlepas dari rasa sakit yang dirasakannya, Sutopo terus aktif menjalankan tugasnya di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), khususnya dalam menginformasikan kejadian bencana di seluruh Indonesia.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho

2. Nita Octobijanthy

Istri aktor legendaris Indro Warkop tutup usia pada 9 Oktober 2018. Nita diketahui meninggal dunia akibat kanker paru yang dideritanya sejak beberapa tahun silam. Meski telah menjalani beragam pengobatan, Nita terus mengalami penurunan kondisi hingga akhirnya menghadap Sang Pencipta.

Istri Indro Warkop Nita Octobijanthy

3. Dono Warkop DKI

Aktor legendaris Wahyu Sardono atau Dono Warkop DKI menghembuskan napas terakhirnya pada tahun 2001 silàm. Personel grup lawak Warkop DKI itu meninggal dunia akibat sel kanker yang menyebar ke paru-paru dan sudah mencapai stadium akhir.

Kanker paru membuatnya mengalami kesulitan bernapas dan akhirnya menghembuskan napas terakhirnya di usia 50 tahun. Kepergian Dono menyisakan duka mendalam bagi dunia hiburan yang sudah digelutinya sejak lama.

Almarhum Dono Warkop

4. Chrisye

Penyanyi legendaris Tanah Air, Chrisye sudah menderita kanker paru sejak lama. Kanker paru juga yang membuatnya tutup usia di tahun 2007 lalu.

Pelantun lagu Andai Aku Bisa ini memang diketahui menjadi perokok aktif semasa hidupnya, sehingga kanker paru merenggut nyawanya di usia 58 tahun.

Mendiang Chrisye semasa hidup.

5. Endang Rahayu Sedyaningsih

Mantan Menteri Kesehatan RI ini juga mengidap kanker paru dan menghadap Sang Pencipta pada 2012 silam. Wanita yang identik dengan rambut pendeknya ini kerap membagikan kisahnya melawan kanker dan bahkan dituangkan melalui buku berjudul Berdamai Dengan Kanker.

Endang Rahayu Sedyaningsih

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya